KEMAMPUAN MEMONOLOGKAN CERPEN “MENJARING MALAIKAT” KARYA DANARTO OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5732959Keywords:
Kemampuan Bercerita, Monolog, CerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kemampuan memonologkan cerpen Menjaring Malaikat oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2020/2021 saat memonologkan cerpen Menjaring Malaikat, dan 3) mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2020/2021 mengalami kesulitan saat memonologkan cerpen Menjaring Malaikat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 80 orang, sedangkan objek penelitiannya kemampuan memonologkan cerpen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, kuesioner dan wawancara. Instrumen yang peneliti gunakan yakni lembar observasi, lembar kuesioner, pedoman wawancara, dan alat perekam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan memonologkan cerpen oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2020/2021 adalah baik, 2) kesulitan tertinggi yang dihadapi siswa dalam memonologkan cerpen teridentifikasi pada mimik/ekspresi, dan 3) faktor penyebab utama yang dialami siswa kelas XI dalam memonologkan cerpen teridentifikasi pada faktor kurangnya kepercayaan diri.
Downloads
References
A, Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Abidin, Yusuf Zainal. 2003. Pengantar Retorika. Bandung: Pustaka Setia.
Adri. 2010. “Peningkatan
Keterampilan Berbicara dengan
Menerapkan Teknik Debat Topik
Siswa Kelas X SMA N 3
Takalar”. PortalGaruda,Volume 3, (hlm.8-10).
Agung, A. A.G. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja:
Undiksha
Akbar, Purnomo Setiady dan Usman, Husaini. 2017. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ambarawati, Ni Luh Made. 2017.
Skripsi “Kemampuan
Menginterpretasi Cerpen Banun Karya Damhuri Muhammad Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017”. Denpasar: IKIP PGRI Bali.
Arianti, Rita. 2019. Petunjuk Praktis
Pengajaran Keterampilan Berbicara. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, Deni. 2016. Pintar Menulis Karya Ilmiah Sejak Bangku Kuliah. Yogyakarta: Araska
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Definisi Monolog, https://www.scribd.com/doc/558 87163/definisi-Monolog, diunduh pada 16 Januari 2021 pukul 10.00 WITA.
Desy, dkk. 2016. “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran
Keterampilan Berbicara dengan Materi Cerpen Pada Siswa Kelas IX D SMP Negeri 3 Singaraja”. PortalGaruda, Volume 5 No.3.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya
King, Larry. 2009. Seni Berbicara: Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Dimana Saja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia (Membaca, Menulis, Mementaskan, Menikmati Puisi, Prosa, Drama). Jakarta: Nobel Edumedia.
Monolog dan Jensi-jensinya dalam http://rangkaiankatasekar.blogspo t.co.id/2013/07/monolog-danjenis-jenisnya.html diakses pada 19 januari 2021 pukul 15.30 WITA.
Netra, I.B. 1976. Metodelogi Penelitian. Singaraja: Biro Penelitian dan Penerbitan Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Udayana.
Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Modul Pelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurkancana, Wayan dan Sumartana. 1982. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Nurlaila, Maryam. 2019. Skripsi “Kemampuan Menceritakan
Kembali Isi Cerita Pendek Ibu Karya Herianto Oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Baubau Tahun Pelajaran 2018/2019”. Sulawesi Tenggara: Universitas Muhammadiyah Buton.
Setiawan, I Ketut Catur. 2016. Skripsi
“Kemampuan Menceritakan
Pengalaman Pribadi Oleh Siswa
Kelas X SMA Negeri 1 Tampaksiring Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016”. Denpasar: IKIP PGRI Bali
Suarta, dkk.2020. Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Denpasar.
Sudarmadji, HAM Mahmoud, dkk. 2010. Teknik Bercerita. Yogyakarta: PT. Kurnia Kalam Semesta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV.
Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : CV.
Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan. Bandung: CV.
Alfabeta
Suharyanti. 2011. Pengantar Dasar Keterampilan Berbicara.
Surakarta: Yuma Pustaka.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Supriyadi, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud
Suryana, dkk. 2015. Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Susanti, Elvi. 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: Rajawali Pers.
Tarigan, Djago. 1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, Djago. 1997. Materi Pokok Kependidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, Guntur, Henry. 1981. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Tarigan, Guntur, Henry. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa
Tary, Muliasih., dan Devi Ardiyanti. 2020. Cara Mudah & Praktis Belajar Publick Speaking:Kiat jitu mahir berbicara di depan umum. Yogyakarta: Checkhlist
Utari, Rr Pradina Nur. 2014. Skripsi
“Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Oleh Anak Kelompok A Di Gugus 2 Kecamatan Kretek, Bantul Tahun
Pelajaran 2013/2014”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Walgito, Bimo. 1999. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.