KEMAMPUAN MEMONOLOGKAN CERPEN “MENJARING MALAIKAT” KARYA DANARTO OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Ni Made Meidy Sri Astuti Astuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Nyoman Suarsa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Sudarti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5732959

Keywords:

Kemampuan Bercerita, Monolog, Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kemampuan memonologkan cerpen Menjaring Malaikat oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2020/2021 saat memonologkan cerpen Menjaring Malaikat, dan 3) mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2020/2021 mengalami kesulitan saat memonologkan cerpen Menjaring Malaikat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 80 orang, sedangkan objek penelitiannya kemampuan memonologkan cerpen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, kuesioner dan wawancara. Instrumen yang peneliti gunakan yakni lembar observasi, lembar kuesioner, pedoman wawancara, dan alat perekam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan memonologkan cerpen oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2020/2021 adalah baik, 2) kesulitan tertinggi yang dihadapi siswa dalam memonologkan cerpen teridentifikasi pada mimik/ekspresi, dan 3) faktor penyebab utama yang dialami siswa kelas XI dalam memonologkan cerpen teridentifikasi pada faktor kurangnya kepercayaan diri. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Abidin, Yusuf Zainal. 2003. Pengantar Retorika. Bandung: Pustaka Setia.

Adri. 2010. “Peningkatan

Keterampilan Berbicara dengan

Menerapkan Teknik Debat Topik

Siswa Kelas X SMA N 3

Takalar”. PortalGaruda,Volume 3, (hlm.8-10).

Agung, A. A.G. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja:

Undiksha

Akbar, Purnomo Setiady dan Usman, Husaini. 2017. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ambarawati, Ni Luh Made. 2017.

Skripsi “Kemampuan

Menginterpretasi Cerpen Banun Karya Damhuri Muhammad Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017”. Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Arianti, Rita. 2019. Petunjuk Praktis

Pengajaran Keterampilan Berbicara. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, Deni. 2016. Pintar Menulis Karya Ilmiah Sejak Bangku Kuliah. Yogyakarta: Araska

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Definisi Monolog, https://www.scribd.com/doc/558 87163/definisi-Monolog, diunduh pada 16 Januari 2021 pukul 10.00 WITA.

Desy, dkk. 2016. “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran

Keterampilan Berbicara dengan Materi Cerpen Pada Siswa Kelas IX D SMP Negeri 3 Singaraja”. PortalGaruda, Volume 5 No.3.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya

King, Larry. 2009. Seni Berbicara: Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Dimana Saja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia (Membaca, Menulis, Mementaskan, Menikmati Puisi, Prosa, Drama). Jakarta: Nobel Edumedia.

Monolog dan Jensi-jensinya dalam http://rangkaiankatasekar.blogspo t.co.id/2013/07/monolog-danjenis-jenisnya.html diakses pada 19 januari 2021 pukul 15.30 WITA.

Netra, I.B. 1976. Metodelogi Penelitian. Singaraja: Biro Penelitian dan Penerbitan Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Udayana.

Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Modul Pelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurkancana, Wayan dan Sumartana. 1982. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Nurlaila, Maryam. 2019. Skripsi “Kemampuan Menceritakan

Kembali Isi Cerita Pendek Ibu Karya Herianto Oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Baubau Tahun Pelajaran 2018/2019”. Sulawesi Tenggara: Universitas Muhammadiyah Buton.

Setiawan, I Ketut Catur. 2016. Skripsi

“Kemampuan Menceritakan

Pengalaman Pribadi Oleh Siswa

Kelas X SMA Negeri 1 Tampaksiring Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016”. Denpasar: IKIP PGRI Bali

Suarta, dkk.2020. Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Denpasar.

Sudarmadji, HAM Mahmoud, dkk. 2010. Teknik Bercerita. Yogyakarta: PT. Kurnia Kalam Semesta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV.

Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : CV.

Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan. Bandung: CV.

Alfabeta

Suharyanti. 2011. Pengantar Dasar Keterampilan Berbicara.

Surakarta: Yuma Pustaka.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyadi, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud

Suryana, dkk. 2015. Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Susanti, Elvi. 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: Rajawali Pers.

Tarigan, Djago. 1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Djago. 1997. Materi Pokok Kependidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Guntur, Henry. 1981. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Tarigan, Guntur, Henry. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa

Tary, Muliasih., dan Devi Ardiyanti. 2020. Cara Mudah & Praktis Belajar Publick Speaking:Kiat jitu mahir berbicara di depan umum. Yogyakarta: Checkhlist

Utari, Rr Pradina Nur. 2014. Skripsi

“Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Oleh Anak Kelompok A Di Gugus 2 Kecamatan Kretek, Bantul Tahun

Pelajaran 2013/2014”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Walgito, Bimo. 1999. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Published

2021-11-30

How to Cite

Astuti, N. M. M. S. A., Suarsa, I. N. ., & Sudarti, N. W. (2021). KEMAMPUAN MEMONOLOGKAN CERPEN “MENJARING MALAIKAT” KARYA DANARTO OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 . Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(1), 96-111. https://doi.org/10.5281/zenodo.5732959