EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TINDAK TUTUR IMPERATIF DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG COVID-19 PADA MEDIA AUDIOVISUAL

Authors

  • I Gusti Bagus Angga Permana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Nengah Arnawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Luh Gede Liswahyuningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5732947

Keywords:

Jenis, Efektivitas, Tindak Tutur Imperatif

Abstract

Adanya aturan-aturan mengenai pencegahan covid-19 menyebabkan berbagai media membuat berbagai iklan layanan masyarakat yang berhubungan tentang pencegahan penularan covid-19. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas penggunaan tindak tutur imperatif dalam iklan layanan masyarakat tentang covid-19 pada media audiovisual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode angket dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil  penelitian ini berdasarkan 8 video iklan layanan masyarakat yang dianalisis. Jenis tindak tutur imperatif yang diperoleh yaitu tindak tutur imperatif langsung dan literal. Efektivitas tindak tutur imperatif dalam iklan layanan masyarakat tergolong baik karena masyarakat mampu menangkap maksud dan melaksanakannya sesuai himbauan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peni Yusmalita. 2015. Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif mahasiswa IKIP PGRI Bali dalam Media Sosial Facebook dalam Perkumpulan IKIP PGRI Bali. Jurnal IKIP PGRI Bali. Denpasar.

Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, Kunanjar. 2008. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia: PT Gelora Aksara Pratama.

Sasmita, C. A. 2016. Tindak Tutur dalam Iklan Layanan Masyarakat di Kabupaten Banyuwangi. E-Jurnal Humanis, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. 14 (1). 17 – 22.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sulhan. 2019. Tindak Tutur Imperatif dalam Percakapan Sehari-hari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tadulako (Kajian Pragmatik). Jurnal Universitas Tadulako. 2(4).

Sumarsono, S. 2009.Ekonomi Sumber Daya Manusia Teori dan Kebijakan. Publik.Jogyakarta : Graha Ilmu.

Published

2021-11-30

How to Cite

Permana, I. G. B. A., Arnawa, N. ., & Liswahyuningsih, N. L. G. . (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TINDAK TUTUR IMPERATIF DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG COVID-19 PADA MEDIA AUDIOVISUAL. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(1), 66-78. https://doi.org/10.5281/zenodo.5732947