PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS CERITA WAYANG RAMAYANA LAKON ANOMAN DHUTA DENGAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS IX
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5732935Keywords:
keterampilan membaca, teks cerita wayang, media power pointAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mencari tahu apakah pembelajaran bermedia power point dapat  meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca siswa kelas IX khususnya mata pelajaran Bahasa Jawa materi wayang Ramayana lakon Anoman Dhuto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan antara sebelum dikenai tindakan dan sesudah dikenai tindakan. Berdasarkan analisis data terungkap bahwa (1) rata-rata penilaian hasil belajar pada prasiklus adalah 65, (2) rata-rata penilaian hasil belajar pada siklus pertama adalah 72,3, dan (3) rata-rata penilaian hasil belajar pada siklus kedua adalah 80,2. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya untuk hasil belajar keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Jawa materi wayang Ramayana lakon Anoman Dhuto.
Downloads
References
Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arsyad A,.(2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press.
DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. Quantum Teaching. (Ary Nilandari, Trans.). Bandung: Penerbit Kaifa.
Hernawan, A.H. (2007). Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.
Sanaky, Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.