PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS CERITA WAYANG RAMAYANA LAKON ANOMAN DHUTA DENGAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS IX

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5732935

Keywords:

keterampilan membaca, teks cerita wayang, media power point

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mencari tahu apakah pembelajaran bermedia power point dapat  meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca siswa kelas IX khususnya mata pelajaran Bahasa Jawa materi wayang Ramayana lakon Anoman Dhuto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan antara sebelum dikenai tindakan dan sesudah dikenai tindakan. Berdasarkan analisis data terungkap bahwa (1) rata-rata penilaian hasil belajar pada prasiklus adalah 65, (2) rata-rata penilaian hasil belajar pada siklus pertama adalah 72,3, dan (3) rata-rata penilaian hasil belajar pada siklus kedua adalah 80,2. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya untuk hasil belajar keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Jawa materi wayang Ramayana lakon Anoman Dhuto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Arsyad A,.(2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. Quantum Teaching. (Ary Nilandari, Trans.). Bandung: Penerbit Kaifa.

Hernawan, A.H. (2007). Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Sanaky, Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Published

2021-11-30

How to Cite

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS CERITA WAYANG RAMAYANA LAKON ANOMAN DHUTA DENGAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS IX. (2021). Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(1), 46-55. https://doi.org/10.5281/zenodo.5732935