MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MASATUA MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BAGI SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i2.1178Keywords:
Discovery Learning, Masatua BaliAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kuta selatan tentang pelaksanaan pembelajaran Bahasa Bali dikelas VII.1 Tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap pembelajaran bahasa dapat dilihat bahwa hasil yang dicapai oleh siswa masih rendah belum mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 64. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti berupaya melakukan perbaikan melalui penerapan Discovery Learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar masatua, bagi siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kuta Selatan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa bali dengan materi satua (mesatua) secara signifikan. Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata menunjukkan 73. Ketuntasan Belajar yang dicapai siswa pada siklus I yaitu 83%. Hasil pada siklus II, nilai rata-rata menunjukkan 81. Ketuntasan belajar yang dicapai siswa pada siklus II yaitu 100%.
Abstract
This research was conducted at State Junior High School number one South Kuta regarding the implementation of Balinese language learning in the class VII.1 in the even semester of the 2018/2019 academic year. Based on the results of observations on Balinese language learning, it can be seen that the results achieved by students are still low and have not reached to the minimum passing grade determined by the school, namely 64. To overcome this, the researcher tries to make improvements through the application of the Discovery Learning. The purposed of the study is to determine the improvement learning of masatua, for students of grade seven.1 State Junior High School number one South Kuta through the application of the Discovery Learning model. This research was conducted in two cycles, each cycle in the study included four steps, namely (1) planning, (2) acting, (3) observing, (4) reflecting. The indicator of the success of this study is that during the learning process it shows a significant increase in the achievement of student learning outcomes in Balinese language subjects with satua (mesatua) material. The learning outcomes in the first cycle showed an average value of 73. The completeness of learning achieved by students in the first cycle was 83%. The results in the second cycle, the average value shows 81. The completeness of learning achieved by students in the second cycle is 100%.
Downloads
References
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Balim, A. G. (2009). The effects of discovery learning on students’ success and inquiry learning skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1–20. https://pdfs.semanticscholar.org/c92b/f85fbf5545de25f1724f22f948436f107d80.pdf
Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079.
Governor. (2018). Bali Governor Regulation number 80 of 2018 About Protection and Use Of Bali, Aksara, And Literature as well as the Implementation of the Bali language. 1–9. Jdih.baliprov.go.id
Laksmi, Ni Nyoman Ayu; Wirani, Ida Ayu Sukma; Sutama, I Made. 2015. Kawentenan Satua Bali Ring Wawidangan Desa Penglatan Kota Singaraja. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Mulyasa, H.E. 2014a. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prismayudi, Komang Roy 2013. Kumpulan Satua Bali. www.cakrawayu.org http://satua-bali.blogspot.com/
Putrayasa, I B. 2013. Landasan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.
Sinambela, P. nauli josip mario. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29.
Suandi, I Nengah. 2008. Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Undiksha.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.