PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN LITERASI TULIS DI SMAN 1 RENDANG

Authors

  • I Nengah Sueca Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali
  • Ni Putu Eni Astuti Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i2.1174

Keywords:

Pendidikan Karakter, Literasi Tulis

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan kemampuan literasi tulis siswa kelas X SMAN 1 Rendang; (2) mendeskripsikan penguatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan literasi tulis di SMAN 1 Rendang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif kuantitatif dan kualitatif (Mix-Mhetod). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IBBU SMAN 1 Rendang. Objek penelitian ini adalah kemampuan literasi tulis dan penguatan karakter dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia siswa kelas X IBBU SMAN 1 Rendang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik desktiptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi tulis siswa SMAN 1 Rendang tergolong baik. Hal tersebut terlihat dari skor rata-rata yang dicapai siswa, yaitu sebesar 83,32; (2) kegiatan literasi tulis sangat sesuai untuk menguatakan nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, rasa ingin tahu, displin, mandiri, dan tanggungjawab, serta kurang sesuai untuk menguatkan nilai demokrasi.

Abstract

This study aimed at (1) describing student writing literacy at class X of SMAN 1 Rendang; (2) describing education character values strengthening through writing literacy activity in SMAN 1 Rendang. This study used quantitative and qualitative descriptive method (mix method). Subjects of this study were students of class X IBBU SMAN 1 Rendang. Objects of this study were writing literacy ability and character strengthening in Bahasa Indonesia subject of class X IBBU SMAN 1 Rendang. Method of this study was test and questionnaire. Data analysis technique was qualitative descriptive technique. Finding of this study showed that (1) students writing literacy ability of SMAN 1 Rendang was categorized as good. It can be seen from students mean score, i.e. 83.32; (2) writing literacy activity is appropriate to strengthen character values, such as honesty, curiosity, discipline, independence, and responsible as well as less appropriate to strengthen value of democracy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin. dkk. (2017). Pembelajaran literasi; Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumiaksara.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunillah, Nurul Isna. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Kartono. (2009). Menulis Tanpa Rasa Takut Membaca Realitas dengan Kritis. Yogyakarta: Kanisius.

Koesoema, Doni. (2011). Pendidikan Karakter: Stategi Mendidik Anak di Zaman Global Edisi Revisi. Jakarta: PT Grasindo.

Kurniawan, Komang Indra. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Negeri 1 Singaraja. Skripsi. (Tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Schmocher, M. (2012) Menjadi Guru yang Efekif; Bagaimana Mencapai Pengembangan Baru melalui Membaca dan Menulis. Jakarta: Erlangga.

Sueca, I Nengah dan I Nyoman Sudirman. (2019, 63-69 September). Kegiatan Literasi Tulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMAN 1 Rendang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains, Sosial, dan Humaniora, IKIP Saraswati.

Widnyana, I Komang. 2018. Kemampuan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMPN 2 Rendang. Skripsi. (Tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2021-05-31

How to Cite

Sueca, I. N. ., & Astuti, N. P. E. . (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN LITERASI TULIS DI SMAN 1 RENDANG. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 9(2), 178-191. https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i2.1174