MULTIMEDIA POWER POINT INTERAKTIF PEMBELAJARAN PRAKTIK VOKAL

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i2.1173

Keywords:

Multimedia Interaktif, Power Point, Pembelajaran, Vokal

Abstract

Abstrak

Pandemi COVID-19 mengakibatkan kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di perguruan tinggi kini harus berubah menjadi belajar di rumah secara daring, dimana pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing sekolah dan perguruan tinggi. Dikarenakan system daring, mengakibatkan para pelajar kesulitan dalam memahami dan melaksanakan materi yang diberikan oleh pengajar, apalagi untuk mata pelajaran yang memerlukan praktek seperti seni vokal. pembelajaran daring memiliki kelebihan, yaitu meningkatkan kadar interaksi antara peserta didik dengan dosen/guru, pembelajaran dapat dilakukan dimana dan kapan saja, menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas, dan mempermudah penyempurnaan dalam penyimpanan materi pembelajaran. Namun selain kelebihan, pembelajaran daring juga memiliki kekurangan yaitu sering terjadinya gangguan jaringan internet. Kesulitan pembelajaran daring dalam seni musik vokal juga dirasakan oleh pelajar dan mahasiswa. Mereka kesulitan dalam memahami materi, seperti teknik-teknik bernyanyi, membaca dan menangkap nada, dll. Oleh sebab itu, pengajar dituntut untuk bisa mencari solusi untuk proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran apa yang tidak perlu memakan jaringan internet. Pembelajaran menggunakan multimedia power point lebih mudah diakses dan praktis karena tidak memerlukan koneksi internet ketika akan membukanya serta ukuran file yang kecil sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar.

Abstract

The COVID-19 pandemic has resulted in teaching and learning activities in schools and colleges now having to change to learning at home online, where the implementation is adjusted to the abilities of each school and college. Due to the online system, it causes students to have difficulty understanding and implementing the material provided by the teacher, especially for subjects that require practice such as vocal arts. Online learning has advantages, namely increasing the level of interaction between students and lecturers / teachers, learning can be done anywhere and anytime, reaching students in a wide range, and facilitating improvements in the storage of learning material. But besides the advantages, online learning also has disadvantages, namely frequent internet network disruptions. The difficulties of learning online in the art of vocal music are also felt by students. They have difficulty understanding material, such as singing techniques, reading and capturing notes, etc. Therefore, teachers are required to be able to find solutions for the teaching and learning process using any learning media that does not need to eat up the internet network. Learning using multimedia power points is more accessible and practical because it does not require an internet connection when opening it and the file size is small so it does not require large storage space.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhe, Kartika Rinakit. 2018 Model Pembelajaran Daring Matakuliah Paud di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Suraba Journal of Early Childhood Care & Education (JECCE). Yogyakarta 3 April 2018.

Alimuddin. Tawany Rahamma, dan M.Nadjib. 2015 Intensitas Penggunaan Elearning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana Di Universitas Hasanuddin. (http:// 95461-ID-intensitas-penggunaan-e-learningdalam-m, diakses 10 Februari 2020).

Arda, dkk. 2015. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk siswa SMP Kelas VIII. e-Jurnal Mitra Sains.Vol.3,No11,(Online).

Arief S Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada. Max Darsono dkk. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Press.

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.

DS.Soewito.1996. Teknik Termudah Belajar Olah Vokal. Jakarta : Titik terang.

Drs Jamalus dan A.T. Mahmud. 1981. Buku Musik IV, Jakarta : Titik Terang.

Gerlach dan Ely. 1971. Teaching and Media Systemic Approach. Dalam. M.Azhar Arsyad. 2008. Media Pembelajaran.Jakarta : Raja Grafindo. Persada.

Jamalus. (1988). Pengajaran musik melalui pengalaman musik. Jakarta : Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No.109 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuntarto, E. & Asyhar, R. (2017). “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa”. Repository Unja. Https://repository.unja.ac.i d/cgi/users/ home? screen=EPrint::View&epri ntid=626.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Yusuf, Muhamad Nur Sykriani. 2013.Optimalisasi Microsoft Powerpoint Sebagai Media Dan Sumber Belajar,(online).

Published

2021-05-31

How to Cite

MULTIMEDIA POWER POINT INTERAKTIF PEMBELAJARAN PRAKTIK VOKAL. (2021). Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 9(2), 164-177. https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i2.1173