PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4909619Keywords:
Pengembangan Instrumen, Perkembangan Bahasa, Anak Usia DiniAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan seperangkat instrumen pengukuran tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Instrumen yang dikembangkan adalah lembar observasi berbentuk ceklist. Sebelum diujicobakan di lapanagan, instrumen divalidasi oleh pakar, guru TK, dan kepala TK. Subjek coba dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok B. Ujicoba dilakukan tiga tahap dengan jumlah subjek coba semakin meningkat. Analisis hasil validasi pakar dan praktisi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji coba dianalisis dengan Confirmatory Factor Analysis. Berdasarkan validasi pakar dan praktisi, instrumen memiliki kualitas yang baik dan hasil ujicoba lapangan menunujukkan bahwa semua butir memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, serta kecocokan model yang baik.
Abstract
This study aims to develop a set of quality measurement instruments for the level of achievement of language development for children aged 5-6 years. This research is a research and development (research and development). The instrument developed was an observation sheet in the form of a checklist. Before being tested in the field, the instruments were validated by experts, kindergarten teachers, and kindergarten heads. The test subjects in this study were kindergarten children group B. The trial was carried out in three stages with the number of experimental subjects increasing. Analysis of the validation results of experts and practitioners using descriptive analysis. The trial results were analyzed by Confirmatory Factor Analysis. Based on the validation of experts and practitioners, the instrument has good quality and the results of field trials show that all items have good validity and reliability, as well as good model fit.
Downloads
References
Ashiabi, G. S. (2007). Play in the preschool classroom: its socioemotional significance and the teacher’s role in play [Versi elektronik]. Early Childhood Education Journal, 35, 2, 199-207.
Berk, L. E. (2007). Development throught the lifespan (4th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). New York & London : Longman.
Carter, D. R., Chard, D. J., & Pool, J. L. (2009). A family strengths to early language and literacy development [Versi elektronik]. Early Childhood Educ J, 36; 519-526.
Cohen, S. H. F. (1999). An introduction to child language development. London: Wesley Longman Limited.
Dardjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Gozali, I. & Fuad. (2008). Structural equation modeling: Teori, konsep, dan aplikasi dengan program Lisre 8.80 (edisi ketiga). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Latan, H. (2012). Structural equation modeling: Konsep dan aplikasi menggunakan program Lisrel 8.80. Bandung: Alfabeta.
Mann, E. A. & Reinolds, A. (2006). Early intervention and delinquency prevention: Evidence from the Chicago longitudinal study [Versi elektronik]. Social Work Research, 30, 3, 153-167.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). (Terjemahan Suci Romadhona & Apri Widiastuti). New Jersey: Pearson Education Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2008).
Nugraha, A. (2010). Evaluasi pembelajaran untuk anak usia dini. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Permendikud no. 137 tanun 2014 tentang Standar PAUD Standar PAUD.
Putra, N. & Dwilestari, N. (2012). Penelitian kualitatif PAUD. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sakai, K.L. (2005). Language acquisition and brain development [Versi elektronik]. Science, 4, 815-819.
Samuelsson, I. P. (2011). Why we should begin early with ESD: The role of early childhood education [Versi elektronik]. IJEC, 43, 103-118.
Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). New York: McGraw Hill Companies Inc.
Seefeldt, C. & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini. (Terjemahan Pius Nasar). New Jersey: Pearson Education Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2002).
Stufflebeam, D. L. (2003). The CIIP model for evaluation. Portlad Oregon: Oregon Program Evaluators Network (OPEN).
Utami, W.Y.D., Djamaris, M. ,& Meilanie, S. M. (2020). Evaluasi program pengelolaan lembaga PAUD di Kabupaten Serang. [Versi elektronik]. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4 Issue 1, 67-76.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.