PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Authors

  • Gunartha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Dewa Ayu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4909619

Keywords:

Pengembangan Instrumen, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan seperangkat instrumen pengukuran tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Instrumen yang dikembangkan adalah lembar observasi berbentuk ceklist. Sebelum diujicobakan di lapanagan, instrumen divalidasi oleh pakar, guru TK, dan kepala TK. Subjek coba dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok B. Ujicoba dilakukan tiga tahap dengan jumlah subjek coba semakin meningkat. Analisis hasil validasi pakar dan praktisi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji coba dianalisis dengan Confirmatory Factor Analysis. Berdasarkan validasi pakar dan praktisi, instrumen memiliki kualitas yang baik dan hasil ujicoba lapangan menunujukkan bahwa semua butir memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, serta kecocokan model yang baik.

 

Abstract

This study aims to develop a set of quality measurement instruments for the level of achievement of language development for children aged 5-6 years. This research is a research and development (research and development). The instrument developed was an observation sheet in the form of a checklist. Before being tested in the field, the instruments were validated by experts, kindergarten teachers, and kindergarten heads. The test subjects in this study were kindergarten children group B. The trial was carried out in three stages with the number of experimental subjects increasing. Analysis of the validation results of experts and practitioners using descriptive analysis. The trial results were analyzed by Confirmatory Factor Analysis. Based on the validation of experts and practitioners, the instrument has good quality and the results of field trials show that all items have good validity and reliability, as well as good model fit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashiabi, G. S. (2007). Play in the preschool classroom: its socioemotional significance and the teacher’s role in play [Versi elektronik]. Early Childhood Education Journal, 35, 2, 199-207.

Berk, L. E. (2007). Development throught the lifespan (4th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). New York & London : Longman.

Carter, D. R., Chard, D. J., & Pool, J. L. (2009). A family strengths to early language and literacy development [Versi elektronik]. Early Childhood Educ J, 36; 519-526.

Cohen, S. H. F. (1999). An introduction to child language development. London: Wesley Longman Limited.

Dardjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Gozali, I. & Fuad. (2008). Structural equation modeling: Teori, konsep, dan aplikasi dengan program Lisre 8.80 (edisi ketiga). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Latan, H. (2012). Structural equation modeling: Konsep dan aplikasi menggunakan program Lisrel 8.80. Bandung: Alfabeta.

Mann, E. A. & Reinolds, A. (2006). Early intervention and delinquency prevention: Evidence from the Chicago longitudinal study [Versi elektronik]. Social Work Research, 30, 3, 153-167.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). (Terjemahan Suci Romadhona & Apri Widiastuti). New Jersey: Pearson Education Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2008).

Nugraha, A. (2010). Evaluasi pembelajaran untuk anak usia dini. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Permendikud no. 137 tanun 2014 tentang Standar PAUD Standar PAUD.

Putra, N. & Dwilestari, N. (2012). Penelitian kualitatif PAUD. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sakai, K.L. (2005). Language acquisition and brain development [Versi elektronik]. Science, 4, 815-819.

Samuelsson, I. P. (2011). Why we should begin early with ESD: The role of early childhood education [Versi elektronik]. IJEC, 43, 103-118.

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). New York: McGraw Hill Companies Inc.

Seefeldt, C. & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini. (Terjemahan Pius Nasar). New Jersey: Pearson Education Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2002).

Stufflebeam, D. L. (2003). The CIIP model for evaluation. Portlad Oregon: Oregon Program Evaluators Network (OPEN).

Utami, W.Y.D., Djamaris, M. ,& Meilanie, S. M. (2020). Evaluasi program pengelolaan lembaga PAUD di Kabupaten Serang. [Versi elektronik]. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4 Issue 1, 67-76.

Published

2021-05-31

How to Cite

Gunartha, I. W. ., & Widiasri, D. A. . (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI . Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 9(2), 134-150. https://doi.org/10.5281/zenodo.4909619