IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI PANTUN PADA SISWA KELAS XI MIPA3 SMA NEGERI 5 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Ketut Yarsama Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bali
  • Ni Putu Widi Astiti Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.103

Keywords:

Media Audiovisual, Menulis Teks Pantun

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa siklus yakni prasiklus, siklus I, dan siklus II masing-masing siklus dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan media pembelajaran audio visual  dapat meningkatkan kemampuan  menulis teks pantun  siswa kelas XIMIPA3 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pra siklus yakni 64,36, meningkat pada siklus I menjadi 73,06, dan pada siklus II menjadi 85,81. Penerapan media pembelajaran audio visual  mendapat respon yang sangat tinggi dari  siswa kelas XI MIPA3 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018.  Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I yakni 70,90  dan meningkat menjadi 86,36  pada siklus II.

 

This research is a classroom action research carried out with several cycles, namely cycle, cycle I, and cycle II, each cycle carried out four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results of this study indicate that, the application of audio-visual learning media can improve the ability to write pantun texts of XIMIPA3 students in Denpasar Public High School 2017/2018 academic year. This is evidenced by the pre-cycle average value of 64.36, increasing in the first cycle to 73.06, and in the second cycle is 85.81. The application of audio-visual learning media received a very high response from students of class XI MIPA3 Denpasar 5 SMA in the school year 2017/2018. This is evident from the average value of student observations in the first cycle of 70.90 and increased to 86.36 in the second cycle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A.A Gede. 2012. Metodelogi Penelitian. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara : Jakarta.

Handiyani, Seni, dkk. 2014. Bahasa Indonesia 2. Bandung : Facil, Bran dari Grafindo Media Pratama.

Indriawan, Teguh. 2013. Peribahasa Puisi Pantun Saja. Jakarta : Infra Pusta.

Nurkancana, Wayandan PPN Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Rayun Rampan, Korrie. 2014. Mantra Syair dan Pantun. Bandung : Yrama Widya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung : ALFABETA.

Widya. R.D.Wendi, 2008. Bedan Puisi Lama. Klaten:Intan Pariwara.

Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran, (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta GP. Press Group.

Published

2018-12-04

How to Cite

Yarsama, K., & Astiti, N. P. W. (2018). IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI PANTUN PADA SISWA KELAS XI MIPA3 SMA NEGERI 5 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(1), 159-173. https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.103