IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI PANTUN PADA SISWA KELAS XI MIPA3 SMA NEGERI 5 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.103Keywords:
Media Audiovisual, Menulis Teks PantunAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa siklus yakni prasiklus, siklus I, dan siklus II masing-masing siklus dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks pantun siswa kelas XIMIPA3 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pra siklus yakni 64,36, meningkat pada siklus I menjadi 73,06, dan pada siklus II menjadi 85,81. Penerapan media pembelajaran audio visual mendapat respon yang sangat tinggi dari siswa kelas XI MIPA3 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I yakni 70,90 dan meningkat menjadi 86,36 pada siklus II.
This research is a classroom action research carried out with several cycles, namely cycle, cycle I, and cycle II, each cycle carried out four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results of this study indicate that, the application of audio-visual learning media can improve the ability to write pantun texts of XIMIPA3 students in Denpasar Public High School 2017/2018 academic year. This is evidenced by the pre-cycle average value of 64.36, increasing in the first cycle to 73.06, and in the second cycle is 85.81. The application of audio-visual learning media received a very high response from students of class XI MIPA3 Denpasar 5 SMA in the school year 2017/2018. This is evident from the average value of student observations in the first cycle of 70.90 and increased to 86.36 in the second cycle.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara : Jakarta.
Handiyani, Seni, dkk. 2014. Bahasa Indonesia 2. Bandung : Facil, Bran dari Grafindo Media Pratama.
Indriawan, Teguh. 2013. Peribahasa Puisi Pantun Saja. Jakarta : Infra Pusta.
Nurkancana, Wayandan PPN Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Rayun Rampan, Korrie. 2014. Mantra Syair dan Pantun. Bandung : Yrama Widya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung : ALFABETA.
Widya. R.D.Wendi, 2008. Bedan Puisi Lama. Klaten:Intan Pariwara.
Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran, (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta GP. Press Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2018 Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.