PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 7 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.102Keywords:
model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemampuan menulis, teks eksposisi, hasil belajarAbstract
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan perencanaan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2016/2017, dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I menunjukan dari 40 orang siswa (1) jumlah siswa yang nilainya meningkat sebanyak 36 orang siswa (90%), dan nilainya tetap sebanyak 4 orang (10%), (2) jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 5 orang (12,5%), (3) peningkatan presentase nilai rata-rata kelas dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan penerapan model pembelajaran kooperaatif tipe STAD pada refleksi awal (59,56), siklus I (71,21), siklus II (81,72).
This study used the STAD type cooperative learning model with two cycles planning. The subjects of this study were students of class X MIPA 2 in SMA Negeri 7 Denpasar in the academic year 2016/2017, with a total of 40 students consisting of 18 male students and 22 female students. Data collection in this study was carried out using test and non-test techniques. The results of the study obtained in the first cycle showed that of 40 students (1) the number of students whose grades increased by 36 students (90%), and the value remained as many as 4 people (10%), (2) the number of students who had not completed 5 people (12.5%), (3) an increase in the percentage of the average grade value in learning exposition text writing by applying the STAD type cooperative learning model to the initial reflection (59.56), cycle I (71.21), cycle II ( 81,72).
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dwiyanti, Ni Kadek. 2011. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan kompetensi Menarikan Tari Legong Pelayon Siswa Kelas XI T2 Program Keahlian Seni Tari SMK Negeri 3 Sukawati, Gianyar Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Gustriana, 2014. “Kemahiran Menulis Karangan Eksposisi dengan Menggunakan Teks Wawancara Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 BatamTahun Pelajaran 2013/2014”.
Imas Kurniasih. 2016. Program Pengembangan Model Pembelajaran Untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Kata Pena. CV Solusi Distribusi.
Junita (2014) Penerapan Model Pembelajaran KooperatiF Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan pemahaman kategori kata dalam kalimat pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X Boga 2 SMK Negeri 2 Sukawati, Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014.
Keraf, Goris. 1982. Eksposisi dan deskripsi. Flores: Nusa Indah.
Kosasih. 2014. Jenis-jenis Teks. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Lastini, Erawati 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyekuntuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi, Ubud, Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nurkencana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Paizaluddin dan Ermalinda. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran.Lombok Holistika.
Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Sukendra, I Komang. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Masalah Matematika Terbuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika Ganesha 2014.. https://www.neliti.com/id/public ations/1 03370/pengaruh- penerapan- model- pembelajaran-pemecahan- masalah- berorientasi- masalah-mat
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Suharsimi, Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Taniredja, H. Tukiran dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Djago. 2008. Membina Keterampilan Menulis Paragraph Dan Pengembangannya. Bandung : Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: angkasa
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2018 Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.