PENERAPAN METODE INQUIRY LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Tri Sulistyaningsih SMA Negeri 2 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.100

Keywords:

Inquiry, Prestasi Bahasa Indonesia

Abstract

Untuk mengetahui apakah metode inquiry mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa, maka penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil subjek penelitian di tingkat kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Denpasar pada semester I tahun 2016/2017. Tes prestasi belajar digunakan sebagai alat pengumpul data hasil penelitian. Setelah semua proses dilalui, diperoleh diperoleh data dari hasil analisis yaitu pada awalnya ketuntasan belajar siswa baru mencapai 67,8% pada siklus I meningkat menjadi  74,28 % , dan pada siklus II sudah mencapai 84,28%. Peningkatan persentase yang diperoleh tersebut merupakan kerja keras peneliti dari membuat perencanaan yang baik, melaksanakan proses pembelajaran di kelas mengikuti teori-teori para ahli dan menyiapkan segala alat media pendukung untuk pencapaian peningkatan prestasi belajar. Setelah pelaksanaan dilakukan, dilanjutkan dengan observasi dan refleksi keberhasilan tersebut menuntun peneliti membuat simpulan bahwa pemanfaatan metode inquiry mampu meningkatkan secara optimal prestasi belajar Bahasa Indonesia.

 

To find out whether the method can improve the learning achievement of Indonesian language students, then this research is carried out by taking research subjects at the level of class X Ipa 1 of 2 Senior High School Denpasar in the second semester of 2016/2017. The test of learning achievement is used as data collecting tool of research result. After all the process done, obtained data from the analysis that is at first mastery learn new students reach 67,8 % in cycle one increased to 74,28 %. And on the second cycle reached 84,28 %. The increased percentage obtained is a hard work of researchers from making good planning. Carry out the process of learning in the classroom follow the theories of experts and prepare all the supporting media tools for the achievement of increased learning achievement. After the implementation is done, continued with the observation and reflection of success led the researchers to make a conclusion that the utilization of the inquiry method is able to optimally improve the learning achievement of Indonesian language.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

http://murniuni.blogspot.com/2010/10/strategi-belajar-mengajar-pembelajaran.html

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Kunandar. 2007. Guru Professional Implementasi Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo.

Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: ROSMA karya.’

Slamet. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, AM. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun- Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Published

2018-12-04

How to Cite

Sulistyaningsih, T. (2018). PENERAPAN METODE INQUIRY LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(1), 110-127. https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.100