PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN SAINS DAN PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • N. Putri Sumaryani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Sunita Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/sembio.v1.2159

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk memperoleh informasi terkait dengan penggunaan pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai upaya mengembangkan sains dan pendidikan karakter. Data diperoleh secara purposive dengan penelusuran berbagai sumber relevan. Data berupa artikel publikasi (jurnal ilmiah), buku referensi, ,dianalisis menggunakan teknik deduktif, interpretatif dan komparatif.simpulan yang dapat diperoleh (1) Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut (2) Pembelajaran berdasarkan alam sekitar akan membantu anak didik untuk menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekitarnya (3) Pembelajaran berbasis lingkungan dapat menjadi upaya dalam mengembangkan pendidikan karakter karena selain meningkatkan penguasaan materi peserta didik juga dapat lebih memberikan perhatian pada lingkungan sekitarnya (4) Pembelajaran berbasis lingkungan tidak hanya dapat diterapkan pada materi biologi saja, namun juga bisa diterapkan pada berbagai materi seperti matematika, ilmu sosial ataupun kombinasinya. Implementasi dari pembelajaran berbasis lingkungan dapat diterapkan dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar diubah menjadi media pembelajaran terkait dengan materi yang dibahas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia. Vera. (2012). Metode Mengajar anak di Luar Kelas (Outdoor study). Divapress: Yogyakarta.

A.M Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Campbell NA, Reece JB. (2009). Biology. USA: Person Benjamin Cummings.

Mulyasa. E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Rosda. Bandung.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: FIP UPI

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta

Suciati Dr Dkk. (2007). Materi Pokok Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudjana. Nana. (2013). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Remaja Rodakarya. Bandung

Muklis,dkk. (2013).Matematika Kelas X Jilid A. Klaten : PT. Intan Pariwara.

Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Cet. 2.Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan (landasan kerja pemimpin pendidikan).Cet. 4.Jakarta : PT. Rhineka Cipta.

Published

2022-09-29

How to Cite

N. Putri Sumaryani, & Ni Wayan Sunita. (2022). PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN SAINS DAN PENDIDIKAN KARAKTER. SEMBIO: Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1, 69-75. https://doi.org/10.59672/sembio.v1.2159