PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN SAINS DAN PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.59672/sembio.v1.2159Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi terkait dengan penggunaan pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai upaya mengembangkan sains dan pendidikan karakter. Data diperoleh secara purposive dengan penelusuran berbagai sumber relevan. Data berupa artikel publikasi (jurnal ilmiah), buku referensi, ,dianalisis menggunakan teknik deduktif, interpretatif dan komparatif.simpulan yang dapat diperoleh (1) Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut (2) Pembelajaran berdasarkan alam sekitar akan membantu anak didik untuk menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekitarnya (3) Pembelajaran berbasis lingkungan dapat menjadi upaya dalam mengembangkan pendidikan karakter karena selain meningkatkan penguasaan materi peserta didik juga dapat lebih memberikan perhatian pada lingkungan sekitarnya (4) Pembelajaran berbasis lingkungan tidak hanya dapat diterapkan pada materi biologi saja, namun juga bisa diterapkan pada berbagai materi seperti matematika, ilmu sosial ataupun kombinasinya. Implementasi dari pembelajaran berbasis lingkungan dapat diterapkan dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar diubah menjadi media pembelajaran terkait dengan materi yang dibahas
Downloads
References
Adelia. Vera. (2012). Metode Mengajar anak di Luar Kelas (Outdoor study). Divapress: Yogyakarta.
A.M Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Campbell NA, Reece JB. (2009). Biology. USA: Person Benjamin Cummings.
Mulyasa. E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Rosda. Bandung.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rudi Susilana dan Cepi Riyana. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: FIP UPI
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Suciati Dr Dkk. (2007). Materi Pokok Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudjana. Nana. (2013). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Remaja Rodakarya. Bandung
Muklis,dkk. (2013).Matematika Kelas X Jilid A. Klaten : PT. Intan Pariwara.
Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Cet. 2.Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan (landasan kerja pemimpin pendidikan).Cet. 4.Jakarta : PT. Rhineka Cipta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 SEMBIO: Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sewagti agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access) .