PEMANFAATAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PENGUASAAN VOCABULARY SERTA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Authors

  • Ni Made Milatia Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/sembio.v1.2158

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah para Mahasiswa  dapat menguasan kosakata (vocabulary) dengan baik melalui media video pendek dari YouTube serta bagaiamana perubahan pendidikan karakater para mahasiswa selama mengikuti pembelajaran tersebut.  Data diperoleh secara purposive dengan penelusuran berbagai sumber relevan. Data berupa artikel publikasi (jurnal ilmiah), buku referensi, dianalisis menggunakan teknik deduktif, interpretatif dan komparatif. Simpulan yang    dapat  diperoleh (1) Penguasaan materi terutama penguasaan kosakata baru berdasarkan hasil evaluasi secara umum sangat memuaskan. (2) Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga pembelajar yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut (3) Pembelajaran berbasis vidio terutama beruapa Youtube dapat menjadi upaya dalam mengembangkan pendidikan karakter karena selain meningkatkan penguasaan kosakata baru dalam bahasa Inggris, peserta didik juga dapat merasakan serta lebih memberikan perhatian pada nilai moral atau amanat yang diperoleh dari vidio tersebut. Pemanfaatan video youtube menjadi media yang tepat dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris serta mampu mengembangkan pendidikan karakter siswa terutamanya dalam bekerjasama,  tanggungjawab, berani , percaya diri dan kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brame C. J. (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE life sciences education, 15 (4), es6. https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125. https://www.lifescied.org/doi/pdf/10.1187/cbe.16-03-0125.

Hambrook, J. (1979). Television materials for ELT. Use of the Media in English Language Teaching. The British Council. ISBN: 0900229667

Ishak, I., dan Euis Yanah Mulyanah. (2020). Pelatihan Guru SD di Tangerang: Implementasi TPR dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Inggris. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 1-5.

Jayani, D. H. (2020). Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosialyang-paling-sering-digunakan-di-indonesia.

Kridalaksana, Harimurti. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Lestari, Renda. (2018). Pengunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar). ISBN: 978-602-361-102-7 pp. 607-612. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf

Thomas Lickona. (2012). Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting lainnya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tarigan, Henry Guntur. (1981). Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Published

2022-09-29

How to Cite

Ni Made Milatia. (2022). PEMANFAATAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PENGUASAAN VOCABULARY SERTA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER . SEMBIO: Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1, 60-68. https://doi.org/10.59672/sembio.v1.2158