PEMANFAATAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PENGUASAAN VOCABULARY SERTA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.59672/sembio.v1.2158Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah para Mahasiswa dapat menguasan kosakata (vocabulary) dengan baik melalui media video pendek dari YouTube serta bagaiamana perubahan pendidikan karakater para mahasiswa selama mengikuti pembelajaran tersebut. Data diperoleh secara purposive dengan penelusuran berbagai sumber relevan. Data berupa artikel publikasi (jurnal ilmiah), buku referensi, dianalisis menggunakan teknik deduktif, interpretatif dan komparatif. Simpulan yang dapat diperoleh (1) Penguasaan materi terutama penguasaan kosakata baru berdasarkan hasil evaluasi secara umum sangat memuaskan. (2) Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga pembelajar yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut (3) Pembelajaran berbasis vidio terutama beruapa Youtube dapat menjadi upaya dalam mengembangkan pendidikan karakter karena selain meningkatkan penguasaan kosakata baru dalam bahasa Inggris, peserta didik juga dapat merasakan serta lebih memberikan perhatian pada nilai moral atau amanat yang diperoleh dari vidio tersebut. Pemanfaatan video youtube menjadi media yang tepat dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris serta mampu mengembangkan pendidikan karakter siswa terutamanya dalam bekerjasama, tanggungjawab, berani , percaya diri dan kreatifDownloads
References
Brame C. J. (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE life sciences education, 15 (4), es6. https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125. https://www.lifescied.org/doi/pdf/10.1187/cbe.16-03-0125.
Hambrook, J. (1979). Television materials for ELT. Use of the Media in English Language Teaching. The British Council. ISBN: 0900229667
Ishak, I., dan Euis Yanah Mulyanah. (2020). Pelatihan Guru SD di Tangerang: Implementasi TPR dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Inggris. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 1-5.
Jayani, D. H. (2020). Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosialyang-paling-sering-digunakan-di-indonesia.
Kridalaksana, Harimurti. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama
Lestari, Renda. (2018). Pengunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar). ISBN: 978-602-361-102-7 pp. 607-612. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf
Thomas Lickona. (2012). Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting lainnya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. (1981). Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 SEMBIO: Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sewagti agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access) .