PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.59672/sembio.v1.2144Abstract
Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 mengamanatkan bahwa tujuan Pendidikan nasional adalah membentuk insan Indonesia yang cerdas dan berkarakter, sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri , kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya , masyarakat, bangsa dan negara. Proses Pendidikan harus berujung pada pembentukan sikap, pengembangan kecerdasan atau intelektual, serta pengembangan keterampilan anak sesuai dengan kebutuhan hidup.Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik). Pembelajaran biologi di sekolah sangat erat kaitannya dengan kondisi lingkungan hidup di lingkungan sekolah yang bersangkutan Oleh karena itu maka pembelajaran biologi hendaknya disertai dengan meningkatkan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, secara tidak langsung akan tertanam dalam diri siswa bahwa betapa pentingnya peranan lingkujngan tersebut dalam kehidupan manusia. Hal ini akan menambah kepedulian siswa terhadap kelestarian lingkungan. Kepedulian itu akan tertanam sebagai suatu nilai dalam diri siswa yang pada akhirnya akan terbentuk karakter peduli lingkungan.Pembelajaran biologi dengan pemafaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat dilakukan dengan beberapa jenis model pembelajaran inovatif yaitu model pembelajaran Project Based Learning, Problem Based Learning, Service Learning, Discovery Learning, Eksperimental Jelajah Alam Sekitar, dan Inquiry. Semua jenis model pembelajaran ini pelaksanaannya berpusat pada siswa (student centre).
Downloads
References
Abdjul D. 2022, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia, AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal P-ISSN 2407-8018 E-ISSN 2721-7310 DOI prefix 10.37905 Volume 08, (1), Januari 2022 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
Alimah S. 2014. Model Pembelajaran Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar. Strategi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 31 Nomor 1 tahun 2014.
Bahri S. 2022. Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga di Era Pasca Pandemi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Pesantren KH Abdul Chalim, Mojokerto Indonesia, , ISSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 425-435 Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022.
Jafar J. 2018, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya Jusmiati Jafar*, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri. hal. 134-140, https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/viewFile/6974/3989
Jagantara I M. W. , Putu Budi Adnyana, dan Ni Luh Putu Manik Widiyanti, 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 4 Tahun 2014).
Kasi K., Sumarmi , dan I Komang Astina, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 4 Bulan April Tahun 2018 Halaman: 437—440, http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10733/5232
Kusumaningrum D. 2018, Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran IPA di SD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar/FPIP UNIRA, Jl. Mojosari No. 2 Kec. Kepanjen, Kab. Malang, , Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE) Volume 01, Nomor 02, 2018, pp: 57~64 p-ISSN: 2621-8747, e-ISSN : 2621-8755 e-mail: ijnse@untidar.ac.id, http://jom.untidar.ac.id/index.php/ijnse/article/view/255/pdf
Purwanti D. 2017, Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya, DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik 1 (2) (2017) 14-20 DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, Universitas Sebelas Maret, https://jurnal.uns.ac.id/jdc
Purwanto, 2013, Evaluasi Hasil belajar, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Pusat Penguatan Karakter.Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018. Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/infografis-ppk/
Sanjaya H.W., 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran, Penerbit Kencana Prenadamedia Group, Jakarta
Subrata I M. dan Ni Made Ayu Wulan Sri Wijayanti, 2018. Pemanfaatan lapangan Rumput Sebagai Sumber Belajar Biologi pada Materi Plantae Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun pelajaran 2015/2016, Jurnal Emasains Volume VII Nomor 1 Maret 2018, https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/78/68
Subrata I M. dan I Gusti Ayu Rai, 2019. Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembentukan Karakter Siswa, Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains P-ISSN 2302-2124 Volume VIII Nomor 2 September Tahun 2019 E-ISSN 2622 8688, https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/515/461
Tampubolon F. , Rosa Ramayani Purba , dan Rosmawaty. 2021. Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa di Masa Pandemi Covid-19, Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, http://digilib.unimed.ac.id/view/divisions/fbs1/2021.default.html
Yulianti E. dan Indra Gunawan, 2019. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 02 (3) (2019) 399-408 https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index DOI : 10.24042/IJSME.V2I3.4366 E-ISSN: 2615-8639 November 2019, http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4366
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 SEMBIO: Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sewagti agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access) .