Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah pada Pembelajaran Biologi
Abstract
Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 mengamanatkan bahwa tujuan Pendidikan nasional adalah membentuk insan Indonesia yang cerdas dan berkarakter, sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri , kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya , masyarakat, bangsa dan negara. Proses Pendidikan harus berujung pada pembentukan sikap, pengembangan kecerdasan atau intelektual, serta pengembangan keterampilan anak sesuai dengan kebutuhan hidup.Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik). Pembelajaran biologi di sekolah sangat erat kaitannya dengan kondisi lingkungan hidup di lingkungan sekolah yang bersangkutan Oleh karena itu maka pembelajaran biologi hendaknya disertai dengan meningkatkan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, secara tidak langsung akan tertanam dalam diri siswa bahwa betapa pentingnya peranan lingkujngan tersebut dalam kehidupan manusia. Hal ini akan menambah kepedulian siswa terhadap kelestarian lingkungan. Kepedulian itu akan tertanam sebagai suatu nilai dalam diri siswa yang pada akhirnya akan terbentuk karakter peduli lingkungan.Pembelajaran biologi dengan pemafaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat dilakukan dengan beberapa jenis model pembelajaran inovatif yaitu model pembelajaran Project Based Learning, Problem Based Learning, Service Learning, Discovery Learning, Eksperimental Jelajah Alam Sekitar, dan Inquiry. Semua jenis model pembelajaran ini pelaksanaannya berpusat pada siswa (student centre).