Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace
Influence Of Online Customer Review On Purchase Decisions On The Marketplace
Keywords:
Online customer review, keputusan pembelian, marketplaceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian pada marketplace, saat berbelanja pada marketplace konsumen tidak dapat melihat langsung bagaimana kualitas sebenarnya produk tersebut.Tetapi terdapat cara bagaiamana agar calon konsumen mengetahu kualitas produk yang akan mereka beli dengan memilih informasi mengenai ulasan dari konsumen sebelumnya yang telah menyelesikan pembelian pada produk tersebut. Metode pada penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah sebagian mahasiswa/i Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmsin. Teknik pengumpulan data berupa angket dalam bentuk google form, sampel pada penelitian ini sebanyak 195 responden. Uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana serta uji T merupakan metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa online customer review merpengaruhi mahasiswa FKIP ULM Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Angkatan 2018 saat ingin melakukan keputusan pembelian suatu produk pada marketplace