Nilai-Nilai Kebertahanan Kewirausahaan Pada Pedagang Kue Lam di Kecamatan Barabai
Entrepreneurial Survival Values for Lam Cake Traders in Barabai District
Keywords:
Nilai, Kebertahanan, Kewirausahaan, Kue LamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran nilai-nilai kebertahanan kewirausahaan pedagang Kue Lam di Kecamatan Barabai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sumber data primer, pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan Interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Narasumber penelitian ini adalah pedagang Kue Lam. Hasil penelitian menunjukkan terdapat gambaran nilai-nilai yang berkembang pada pedagang Kue Lam diwujudkan dalam strategi berkaitan dengan: 1) menentukan jenis pemilihan pelanggan sebagai strategi untuk memenangkan persaingan; 2) pengembangan produk berdasarkan harga, ukuran, dan jenis; 3) penentuan harga jual dengan cara harga produk Kue Lam sesuai pasar untuk meningkatkan permintaan; dan 4) menjamin mutu produk berdasarkan kualitas bahan baku dan penyimpanan produk. Pengembangan nilai-nilai strategi tersebut dipengaruhi oleh faktor; 1) kondisi lingkungan dengan tersedianya bahan baku yang mudah didapatkan dan nilai tradisi/budaya yang dianut masyarakat; 2) karakteristik pelaku usaha; 3) penggunaan strategi dengan bulan dan waktu penjualan dalam struktur industri; dan 4) pengalaman kerja yang relevan sebelum memulai usaha sebagai pedagang Kue Lam.