Strategi Pembelajaran Generatif : Suatu Kajian Konseptual Operasional

Generative Learning Strategy: An Operational Conceptual Study

Authors

  • Sadwika I Nyoman Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Liska Luh de Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Strategi, Pembelajaran Generatif

Abstract

Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas guru akan menemukan berbagai permasalahan, baik permasalahan pada siswa, permasalahan metodologis, permasalahan akademis maupun permasalahan non akademis yang lain. Mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan di dunia pendidikan ini terkait dengan mempersiapkan kompetensi peserta didik pada abad ke-21. Secara garis besar terdapat tiga kelompok kompetensi yang dibutuhkan antara lain memiliki karakter yang baik (b) memiliki sejumlah kompetensi (berpikir kritis dan kreatif, problem solving, kolaborasi, dan komunikasi); dan (c) menguasai literasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan strategi dalam proses belajar mengajar untuk memepersiapkan kompetensi peserta didik abad ke-21 dengan strategi pembelajaran generatif. Strategi pembelajaran generatif adalah pola pembelajaran peserta didik dengan menggunakan asas pendidikan yang bersifat menerangkan dengan kaidah-kaidah yang dikaji secara aktif oleh peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles