Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Kaba-Kaba

Application of Script Cooperative Learning Model to Improve Third Grade Student Learning Outcomes at SD Negeri 2 Kaba-Kaba

Authors

  • Jeni Karolina Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Ketty Bo’on Sofia Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Hoa Hokor Yolanda Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Jehadun Yulius Program Studi Pendidikan Ekonomi

Keywords:

kooperatif script, hasil belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif script mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Kaba-Kaba, kabupaten Tabanan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Kemudian teknik analisis dilakukan secara deskriptif. Kelas yang akan diteliti adalah kelas III dengan jumlah siswa 39 orang. Hasil dari penelitian ini adalah siswa sudah mengalami peningkatan dalam hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari studi pendahuluan sebesar 12,82% atau hanya 5 siswa dari 39 siswa yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 48,71% karena dari 39 siswa terdapat 19 siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat sebesar 92,30% yakni dari 39 siswa terdapat 36 siswa yang tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles