Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020
The Effect Of Online Learning On The Establishment Of Students' Responsibility Character In Economic Subjects At Muhammadiyah 1 Sma Banjarmasin Academic Year 2019/2020
Keywords:
Pembelajaran daring, karakter tanggung jawab, Pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis bagaimana pengaruh pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jumlah responden yaitu 63 orang peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan SMART PLS. Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan (1) Pembelajaran daring mempunyai nilai frekuensi 63 atau 100% berada pada interval 17 – 23, dikategorikan sedang. Sedangkan karakter tanggung jawab mempunyai nilai frekuensi 63 atau 100 % yang berada pada nilai interval 70 – 83, dikategorikan sedang. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara pembelajaran daring dengan pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin sebesar 19,792 atau 0,000 pada P Values. (3) Dari variabel pembelajaran daring instrumen yang paling dominan adalah “Selama belajar daring saya menggunakan buku dan internet untuk mencari referensi materi pelajaran yang saya perlukan” dimana nilai statistik instrumen tersebut 7,983 sedangkan variabel karakter tanggung jawab instrumen yang paling dominan adalah “saya mengikuti kegiatan belajar daring tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sekolah” dimana nilai statistik instrrumen tersebut 17,895.