Pemanfaatan Aplikasi KelasQ Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Utilization of the KelasQ Application as an Online Learning Media to Increase Students' Learning Motivation
Keywords:
Media Pembelajaran, Aplikasi KelasQ, Pembelajaran daring, Motivasi belajarAbstract
Motivasi belajar yang rendah dapat berdampak negatif bagi siswa, motivasi belajar yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan menurunkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pemafaatan dari penggunaan Aplikasi KelasQ sebagai media pembelajaran daring dan meningkatkan motivasi belajar peseta didik melalui medai pembelajaran “Aplikasi KelasQ”. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan studiliteratur. Studi literatur ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi untuk menjelaskan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi “KelasQ” sebagai media pembelajaran daring. Analisis data dilakukan secara interaktif selama dan setelah pengumpulan data. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran atau keterangan secara jelas tentang “aplikasi KelasQ” sebagai pembelajaran daring, menjelaskan manfaat dari penggunaan likasi KelasQ dan menjelaskan meningkatkan motivasi belajar peserta didik melailu media pembelajaran “Apliksi KelasQ”. Aplikasi KelasQ cocok digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh atau daring ditinjau dari fitur-fitur yang di tawarkan dan dari kelebihan-kelebihan yang diberikan. Aplikasi kelasQ sebagai media pembelajaran daring juga dapat membantu pengajar dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.