Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Sukawati

The Effectiveness Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic At SMA Negeri 1 Sukawati

Authors

  • Mija Helena Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Murniati Benedikta Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Palma Jadur Palma Jadur Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Martalia Jehudin Katarina Marta Program Studi Pendidikan Ekonomi

Keywords:

Efektifitas, Pembelajaran Daring, Covid 19

Abstract

Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran Daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan siswanya dengan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Media daring yang digunakan subjek penelitian adalah bermacam- macam (WhatsApp, Google Classroom). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kegiatan pembelajaran daring di rumah peserta didik sebagai upaya mendukung program pemerintah yaitu study from home selama adanya pandemik covid 19 serta menganalisis efektifitas dalam pemebelajaran daring. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tanya jawab kepada narasumber yaitu guru SMA melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan dirumah masing-masing membuat peserta didik lebih mandiri dan menciptakan motivasi untuk belajar. Selain itu pembelajaran daring menjadi salah satu keberhasilan untuk menciptakan perilaku social distancing sehingga meminimalisir munculnya keramaian yang dianggap dapat berpotensi semakin menyebarnya covid 19 di lingkungan sekolah. Akan tetapi masih kurang efektif dalam pelaksanaannya disebabkan adanya berbagai kendala seperti kemanpuan ekonomi, penguasaan teknologi, kuota internet, dan jaringan yang belum memadai

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles