Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Kolaborasi Powerpoint dan Kahoot pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Permintaan dan Penawaran Kelas X
Development Of Elearning Media In The Form Of Powerpoint And Kahoot Collaborations In Teh Subject Of Economics, Demand And Supply Material For Class X
Keywords:
kahoot, media pembelajaran, powerpointAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi mengharuskan guru agar mengembangkan media pembelajaran kretif. Proses pembelajaran ekonomi di SMAN 3 Banjarmasin masih banyak menggunakan media konvensional serta kurang bervariasi, sehingga berimbas pada menurunnya pemahaman siswa karena monotonnya pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berbentuk kolaborasi powerpoint dan kahoot pada mata pelajaran ekonomi materi permintaan dan penawaran untuk kelas X SMAN 3 Banjarmasin. Dengan menggunakan prosedur ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan skor validasi ahli media 4,48 berkriteria sangat valid, lalu validasi praktisi 4,42 berkriteria valid. Pada respon siswa diperoleh skor 4,38 berkriteria sangat valid. Uji T-test mendapatkan nilai signifikansi (2-tailed) p=0,012<0,05, maka secara efektif media pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman siswa serta sangat layak untuk diterapkan. Pada analisis soal memperoleh 6 soal yang tidak valid dan 14 soal yang valid, dari segi reliabilitas memperoleh nilai ri=0,792.