Tri Hita Karana Dalam Revolusi Industri 4.0 dan Implementasi Pada Kampus Merdeka

Tri Hita Karana In The Industrial Revolution 4.0 and Implementation On Merdeka Campus

Authors

  • Kresna Wirawan Kepakisan Dewa Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Siti Firmani Putu Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Piliani Ni Made Program Studi Pendidikan Ekonomi

Keywords:

Tri Hita Karana, Revolusi Industri 4.0, Kampus merdeka

Abstract

Artikel ini mengkaitkan hubungan sistem dan prinsip-prinsip ekonomi Hindu yang berlandaskan Tri Hita Karana di Revolusi Industri 4.0 dan Implementasi pada Kampus Merdeka. Pendidikan merupakan bagian terpenting dari kehidupan, dan harus sejalan dengan perkembangan zaman. Pendidikan yang akan menjadi bekal bagi manusia dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah. Dalam hal ini, sebagaimana konsep dalam ajaran Hindu bahwa ilmu pengetahuan merupakan kesadaran dalam hidup secara skala dan niskala. Masa revolusi industri 4.0 harus mempersiapkan sistem pendidikan bagi mahasiswa dengan matang. Dalam menghadapi permasalahan, mahasiswa dituntut lebih kritis, kolaboratif dalam mencari solusi, mampu berkomunikasi, serta memiliki inovasi yang tinggi. Pengimplementasian Tri Hita Karana erat kaitannya dengan upaya penguatan karakter peserta didik dan bertalian dengan konsep Tri Pusat Pendidikan. Generasi muda masa depan harus mampu tidak lagi bekerja dengan otot, namun harus mampu dengan otak, mengubah paradigma bahwa bekerja tidak hanya cukup mempunyai satu kecakapan, namun multikecakapan dan multidimensional. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menungkapkap konsep Merdeka Belajar yang pada intinya adalah mahasiswa dapat lebih leluasa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, guru menjadi penggerak yang sifatnya lebih banyak sebagai fasilitator dan penggunggah semangat belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles