Implementasi Pemanfaatan E-Learning Dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Daring Di Universitas Pgri Mahadewa Indonesia

Implementation Of E-Learning Utilization In The Implementation Of Online Learning Processes At University Of Pgri Mahadewa Indonesia

Authors

  • Cahayani Ni Luh Putu Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Diah Asrida Putu Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Oka Sudarsana Ida Bagus Program Studi Pendidikan Ekonomi

Keywords:

Implementasi, E-learning, Pembelajaran Daring

Abstract

Peningkatan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada dunia pendidikan saat ini. Sejalan dengan hal tersebut pelaksanaan pembelajaran di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia berupaya mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan implementasi e-learning. E-learning adalah sistem perubahan proses pelaksanaan pembelajaan yang beralih dari tatap muka menjadi tatap maya yang meningkatkan interaksi antara dosen dan mahasiswa pada kegiatan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah mahasiswa FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia angkatan 2019. Partisipan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. E-learning yang diimplementasikan di Perguruan Tinggi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dan sekaligus melatih mahasiswa dalam kemandirian belajar sehingga meningkatkan soft skillnya. Melalui hal ini dosen juga berperan sebagai fasilitator bagi mahasiswanya yang melakukan diskusi pada saat pembelajaran daring

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles