Peranan Dan Tantangan Dosen Dalam Proses Belajar Mengajar Di Era Sistem Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19

The Role And Challenges Of Lecturers In Learning In The Digital Era During The Covid-19 Pandemic

Authors

  • Widi Astuti Ni Wayan Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Murniasih Ni Nyoman Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Westra I Ketut Program Studi Pendidikan Ekonomi

Keywords:

Dosen, Peran dan Tantangan, Covid 19

Abstract

Kebijakan pemerintahan mengenai Wabah Pandemi Covid-19 yang sudah tersebar proses virus menularnya sangatlah instan sehingga saat ini pemerintah banyak membuat aturan yang memang mengharuskan semua masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru dengan adanya covid-19 ini, dan untuk menghindari penyebaran Virus maka pembelajaran tatap muka harus dikurangi dan diganti dengan sistem pembelajaran Online. Pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital memerlukan peranan Dosen sangat dibutuhkan karena menjadi salah satu unsur utama dalam pengembangan pembelajaran. Tujuan dari artikel ini yaitu (1) Mengetahui peranan dosen dalam pengembangan pengajaran terhadap peserta didik dalam pemanfaatan teknologi. (2) Mengetahui metode yang dipakai oleh dosen dalam pengembangan pengajaran. (3) Mengetahui hambatan yang dialami sebagai seorang dosen dalam pengembangan pengajaran dimasa pandemi ini. Metode yang digunakan dalam Penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa pandemi covid 19 terjadi perubahan dalam proses belajar mengajar, yang semula tatap muka menjadi lebih banyak memakai teknologi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles