Penerapan Hybrid Learning Dalam Proses Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Di Smk Negeri 1 Denpasar

Application of Hybrid Learning in Product Learning Process Creative And Entrepreneurship At Smk Negeri 1 Denpasar

Authors

  • Yesy Anggreni Ni Luh Putu Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Ardana Adnya I Gusti Bagus Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Sudana I Ketut Program Studi Pendidikan Ekonomi

Keywords:

Hybrid Learning, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Dalam mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan, siswa di tuntut untuk memiliki kemampuan dalam mengeluarkan gagasan atau ide untuk menciptakan hasil yang inovatif. Pandemi yang belum berakhir membuat pelajaran diekolah tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Langkah-langkah persiapan hybrid learning dalam mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan; (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dengan adanya penerapan metode hybrid learning dalam mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan; (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penerapan hybrid learning dalam mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan.

 

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh dijelaskan dengan kata-kata. Penelitian ini berlokasi di SMKN 1 Denpasar dengan objek utamanya adalah siswa kelas XI TBSM 1 dan XI TBSM 2. Sebelum melakukan penelitian peneliti melakukan analisis kebutuhan siswa, merumuskan tujua pembelajaran, merumuskan materi pembelajaran, melakukan uji validasi media dan perbaikan media guna kelayakan media yang akan diterapkan saat pembelajaran di kelas.

 

Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan hybrid learning dalam pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di kelas XI TBSM 1 lebih baik daripada di kelas XI TBSM 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles