Pendidikan Keterampilan (Soft Skill) Bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Soft Skills Education for Children with Spesial Needs

Authors

  • Ria Pebrianti Ni Ketut Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Adi Rainti Ni Nyoman Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Indah Manacika Susaraswati Ni Kadek Program Studi Pendidikan Ekonomi

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Soft Skill

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (Children With Special Needs) atau yang sering disingkat ABK adalah anak yang memiliki perbedaan dalam keadaan dimensi penting dari fungsi kemanusiaannya. Anak Berkebutuhan Khusus memiliki disabilitas. Disabilitas merupakan suatu kondisi yang menggambarkan adanya difungsi yang secara objektif dapat diukur atau dilihat yang disebabkan karena adanya kelainan atau kehilangan bagian tubuh atau organ seseorang. Sejalan dengan peraturan pemerintah pada Pasal 32

 

  • Sisdiknas dan Pasal 2 huruf a Permendiknas No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif. Soft skill berkaitan dengan perbaikan pemikiran, kepribadian, kecerdasan emosional, keterampilan sosial, mampu berkomunikasi dan berbahasa yang dapat mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Di kota Denpasar terdapat beberapa sekolah yang menerima ABK di antaranya adalah SMK Negeri 5 Denpasar. Di SMK Negeri 5 Denpasar sudah beberapa kali menerima anak berkebutuhan khusus. Dari data terakhir yang penulis dapatkan bahwa di SMK Negeri 5 Denpasar kembali menerima siswa berkebutuhan khusus pada tahun ajaran 2019/2020 yang menyandang Disabilitas Sindak Tili Apert Syndrome. Dalam mengatasi anak berkebutuhan khusus memerlukan pendekatan yang lebih, anak berkebutuhan khusus harus diberikan perhatian yang khusus. Dukungan dan kasih sayang dari semua pihak sangat membantu dalam hal ini, anak berkebutuhan khusus perlu diperlakukan sama seperti anak yang normal.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles