HUMANISASI MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA LISAN DALAM PERSPEKTIF TRI HITA KARANA: KAJIAN ETNOPEDAGOGIK

Authors

  • I Kadek Adhi Dwipayana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Humanisasi, , Pembelajaran Sastra Lisan, Etnopedagogik

Abstract

Humanisasi dalam ranah pendidikan sangat urgent diterapkan. Humanisasi, proses memanusiakan manusia sesuai dengan amanat UU No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Artinya, pendidikan bukan semata transfer of knowledge tetapi juga transfer of value. Manusia yang berilmu tinggi namun tidak memiliki sikap adalah kehampaan manusia. Etnopedagogik memiliki peranan vital membentuk manusia dalam ranah pendidikan. Etnopedagogis diartikan sebagai pendekatan pendidikan yang berakar dari nilai-nilai sosiokultural etnis. Dalam konteks etnis Bali, humanisasi dapat dilakukan dengan perspektif Tri Hita Karana. Tri Hita Karana merupakan ajaran filosofis tentang harmonisasi hubungan dengan tuhan (Parhyangan), hubungan antarmanusia (Pawongan), dan hubungan dengan alam (Palemahan). Humanisasi adalah tujuan utama dalam prinsip etnopedagogik. Humanisasi dapat diterapkan melalui karya sastra lisan. Karya sastra merupakan instrumen attitude, membentuk anak-anak yang berkarakter, beradab, bermartabat, dan cinta tanah air. Karya sastra lisan juga dapat digunakan sebagai landasan dasar dalam bertutur maupun bersikap sesuai norma sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-30