RELEVANSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SEBAGAI PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA

Authors

  • Ni Made Mira Cahyani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Profil Pelajar, Pancasila, Model Pembelajaran

Abstract

Dalam proses pembelajaran hasil akhir yang diharapkan dapat mencetak generasi muda yang memiliki wawasan, berakhlak mulia dan berkarater positif. Unggul dari segi pemikiran, perkataan dan perbuatan. Pembelajaran sastra sangat relevan dijadikan media penguatan karakter karena di dalam sastra terkandung nilai-nilai karakter positif. Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran juga sangat mendukung proses pembentukan karakter siswa karena mencakup nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif. Dalam penerapannya pada proses pembelajaran saat ini yang menggunakan Kurikulum Merdeka model pembelajaran yang relevan diterapkan untuk menunjang Profil Pelajar Pancasila yaitu Model Pembelajaran Berdeferensial, Problem-Based Learning (PBL), Project Based Learning (PJBL), Discovery Learning (DL), dan Inquiry Learning (IL).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-30