PEMBELAJARAN BAHASA BALI, AKSARA, DAN SASTRA MELALUI TRI PUSAT PENDIDIKAN

Authors

  • Ni Kadek Hari Raditya Putri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Komang Narenthy Satya Dewi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • A.A Wulan Purnama Dewi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Pelestarian Bahasa Bali, Aksara, Sastra, Tri Pusat Pendidikan, Penguatan Pendidikan Karakter

Abstract

Tri Pusat Pendidikan adalah tiga lingkungan pendidikan bagi anak-anak untuk belajar Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Bahasa adalah media komunikasi dan interaksi. Walaupun keragaman bahasa di dunia tidak membuat kita melupakan bahasa kita sendiri. Keberadaan bahasa, aksara, dan sastra Bali memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat penting, salah satunya sebagai pilar pembangunan budaya bangsa. Seiring dengan pesatnya perkembangan globalisasi, kehadirannya mengalami dinamika, seperti penurunan kuantitas dan kualitas penggunaan pola bahasa. Hal ini semakin mengancam kelestarian bahasa, padahal literasi bahasa dan sastra daerah memiliki peran penting dalam membangun karakter atau jati diri bangsa .Oleh karena itu penting untuk melestarikan trisentra bahasa, aksara dan sastra Bali melalui pembelajaran pendidikan, lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi seorang anak untuk belajar bahasa. Lingkungan sekolah merupakan lingkungan kedua bagi anak untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Demikian pula lingkungan masyarakat juga sangat penting dalam mengambil peran, terutama pakraman dan tokoh masyarakat. Pelestarian bahasa, aksara dan sastra Bali tidak lepas dari berbagai tantangan. Penguatan Pendidikan Karakter sangat penting untuk membangun pembelajaran bahasa dan melestarikan bahasa. Pembelajaran bahasa ditanamkan agar bahasa yang digunakan akan mencerminkan karakter dari masing-masing individu. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-30