Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Strategi Tandur Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Iis I Sma Negeri 2 Satarmese Langke Majok Tahun Pelajaran 2018/2019

Application Of Learning Models Quantum Teaching With Tandur Strategy To Improve Historical Learning Achievement Of Class X Iis I Sma Negeri 2 Satarmese Langke Majok Study Year 2018/2019

Authors

  • Mbimbung Hartatiana Program Studi Pendidikan Sejarah
  • Suana I Wayan Program Studi Pendidikan Sejarah

DOI:

https://doi.org/10.59672/nirwasita.v1i1.864

Keywords:

Model Pembelajaran Quantum Teaching, Prestasi Belajar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Strategi Tandur Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IIS I SMAN 2 Satarmese Langke Majok Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS I SMAN 2 Satarmese tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa adalah 33 orang yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Strategi Tandur Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IIS I SMAN 2 Satarmese Langke Majok Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi tes dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam penelitian ini berupa siklus, dimana didalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi atau pengamatan dan tahap refleksi. Hasil refleksi awal sebelum diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching   pada kelas X IIS I SMAN 2 Satarmese Langke Majok tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 orang siswa, yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan yaitu dengan total nilai mata pelajaran sejarah sebesar 2110 dengan rata-rata 63,94 (2110:33) daya serap 63,94% (63,94:100x100%) sertas ketuntasan klasikal 27,27% (9:33x100). Pada  sikus 1 skor rata-rata siswa kelas X IIS I SMAN 2 Satarmese semester II tahun pelajaran 2018/2019 dalam mata pelajaran sejarah adalah 69,09 (2280:33) dengan total daya serap siswa 69,09% (69,09:100x100%) dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 54,55% (18:33x100). Pada siklus II skor rata-rata siswa kelas X IIS I SMAN 2 Satarmese tahun pelajar 2018/2019 dalam mata pelajaran sejarah adalah 79,09 (2610:33) dengan daya serap 79,09% (79,09:100x100%) dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 93,94% (31:33x100). Berdasarkan siklus I sampai siklus II rata-rata prestasi belajar siswa sudah mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching Dengan Strategi Tandurdapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS I SMAN 2 Satarmese Langke Majok tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-09-27

How to Cite

Hartatiana, M., & I Wayan , S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Strategi Tandur Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Iis I Sma Negeri 2 Satarmese Langke Majok Tahun Pelajaran 2018/2019: Application Of Learning Models Quantum Teaching With Tandur Strategy To Improve Historical Learning Achievement Of Class X Iis I Sma Negeri 2 Satarmese Langke Majok Study Year 2018/2019. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 1(1), 20-25. https://doi.org/10.59672/nirwasita.v1i1.864

Issue

Section

Articles