Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA PGRI 4 Denpasar
Application Of Make A Match Type Cooperative Model In History Learning To Improve Students' Learning Outcomes In Class X Of SMA PGRI 4 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.59672/nirwasita.v6i2.5293Keywords:
Hasil Belajar Sejarah,, Model Kooperatif tipe Make A MatchAbstract
Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA PGRI 4 Denpasar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa dari kelas X. Metode pengumpulan data yang diterapkan dalam studi ini mencakup observasi, uji hasil belajar, dan pengumpulan dokumentasi. Hasil refleksi awal sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas X SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 29 siswa adalah dengan total nilai mata pelajaran sejarah 1695, rata-rata 58,44, daya serap 58,44%, dan ketuntasan klasikal 34,48%. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Make a Match. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa mencapai 65,34 dengan ketuntasan klasikal 48,27%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,86 dengan ketuntasan klasikal 89,65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match dalam pembelajaran sejarah mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA PGRI 4 Denpasar untuk tahun ajaran 2024/2025
Kata Kunci: Hasil Belajar Sejarah. Model Kooperatif tipe Make A Match
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 saraningsi tonda, I Nyoman Bayu Pramartha, Ni Putu Yuniarika Parwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.