Potensi Potensi Tradisi Ayunan Jantra Tenganan Pegringsingan Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Untuk Penguatan Karakter Siswa SMP
Potential Of The Tradition Of The Jantra Tenganan Pegringsingan Swing In Local History Learning To Strengthen The Character Of Junior High School Students
DOI:
https://doi.org/10.59672/nirwasita.v6i2.4992Keywords:
Ayunan Jantra, pembelajaran sejarah lokal, pendidikan karakter, kearifan lokal, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi tradisi Ayunan Jantra di Desa Tenganan Pegringsingan sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal dan media penguatan karakter siswa SMP. Tradisi Ayunan Jantra, sebagai bagian dari kearifan lokal masyarakat Bali Aga. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan tokoh adat, serta analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prinsip-prinsip dan nilai-nilai dalam Tradisi Tenganan Pegringsingan telah sejalan dengan kopetensi dan Capian Penbelajaran (CP) IPS kelas VII yang telah ditentukan oleh BSKAP Kemendikbudristek. Selain itu tradisi Ayunan Jantra juga sudah sejalan dengan nilai-nilai Pendidikan karakter yang tertuang dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-09-30
How to Cite
Darmada, I. M. (2025). Potensi Potensi Tradisi Ayunan Jantra Tenganan Pegringsingan Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Untuk Penguatan Karakter Siswa SMP: Potential Of The Tradition Of The Jantra Tenganan Pegringsingan Swing In Local History Learning To Strengthen The Character Of Junior High School Students. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 6(2), 103–117. https://doi.org/10.59672/nirwasita.v6i2.4992
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 I Made Darmada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.