Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Tradisi Aci Tulak Tunggul di Pura Taman Ayun, Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal
The Values of Local Wisdom in the Aci Tulak Tunggul Tradition at Taman Ayun Temple, Mengwi Village, Mengwi District, Badung Regency as a Source of Local History Learning
DOI:
https://doi.org/10.59672/nirwasita.v5i2.4091Keywords:
Nilai, Kearifan Lokal, Aci Tulak Tunggul, Sejarah LokalAbstract
Tradisi Aci Tulak Tunggul di pura Taman Ayun merupakan tradisi yang dilaksanakan
setiap 6 bulan sekali oleh masyarakat desa Mengwi. Tradisi ini sarat akan makna dan nilai
sehingga sangat manarik untuk dikaji lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
(1) Sejarah pelaksanaan tradisi Aci Tulak Tunggul, (2) Nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi Aci
Tulak Tunggul, (3) Nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi Aci Tulak Tunggul sebagai sumber
pembelajaran sejarah lokal. Teori yang dipergunakan antara lain (1) teori religi, untuk mengetahui
latar belakang pelaksanaan tradisi, (2) teori nilai, untuk mencari nilai dalam tradisi dan (3) teori
pendidikan untuk mengkaitkan nilai-nilai tersebut sebagai sumber pembelajaran khususnya
sejarah lokal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada empat yakni teknik observasi,
wawancara, studi kepustakaan dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan (1) tradisi
Aci Tulak Tunggul merupakan bagian dari sistem kepercayaan masyarakat di desa Mengwi yang
berkaitan dengan keperluan irigasi pertanian. Tradisi ini dilaksanakan untuk menolak bencana
jebolnya tanggul yang dapat merusak lahan pertaninan. (2) tradisi Aci Tulak Tunggul mengandung
nilai-nilai kearifan loka yang terdiri dari nilai religi, gotong royong, ekonomi, seni dan pelestarian
lingkungan. (3) Nilai kearifan lokal dalam tradisi Aci Tulak Tunggul berpotensi untuk dijadikan
sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Ngurah Yoga Narendra Putra, Dewa Made Alit, I Nyoman Bayu Pramartha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.