Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Modul Ajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Materi Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

Analysis of Differentiated Learning in the Class X History Teaching Module on Hindu-Buddhist Kingdoms in Indonesia

Authors

  • I Nyoman Bayu Pramartha Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Putu Yuniarika Parwati Prodi Pendidikan Sejarah,FIS Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/nirwasita.v5i1.3619

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Modul Ajar, Sejarah, Hindu-Budha

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan apa itu pembelajaran berdiferensiasi dan manganalisis pembelajaran berdiferensiasi pada modul ajar mata pelajaran sejarah kelas X Materi Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah yang dimaksud pembelajaran berdiferensiasi. (2) Bagaimana rancangan proses pelaksanaan dan  analisis pembelajaran berdiferensiasi pada modul ajar mata pelajaran sejarah di di kelas X.  Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustakan dan dokumentasi.hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rancangan pembelajaran melalui modul ajar mata pelajaran terdapat proses diferensiasi antara lain: diferensiasi proses, diferensiasi konten, dan diferensiasi produk

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-26

How to Cite

Bayu Pramartha, I. N., & Ni Putu Yuniarika Parwati. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Modul Ajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Materi Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia: Analysis of Differentiated Learning in the Class X History Teaching Module on Hindu-Buddhist Kingdoms in Indonesia. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 5(1), 69-74. https://doi.org/10.59672/nirwasita.v5i1.3619