Kualitas Interaksi Sosial Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Modern Bauntung Banjarbaru
Quality of Social Interaction Between Sellers and Buyers at the Bauntung Modern Market, Banjarbaru
DOI:
https://doi.org/10.59672/nirwasita.v5i1.3426Keywords:
Interaksi Sosial, Penjual, PembeliAbstract
Interaksi sosial antara penjual dan pembeli terjadi karena adanya saling ketergantungan yang saling memengaruhi dan menguntungkan. Penjual memerlukan pembeli untuk membeli barang dagangannya, sementara pembeli membutuhkan penjual untuk menyediakan barang dan jasa yang mereka perlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas interaksi sosial antara penjual dan pembeli di pasar modern bauntung Banjarbaru. Penelitian ini melibatkan tiga subjek, yaitus atu penjual bahan kue dan dua penjual perabotan rumah tangga. Metode yang digunakan melibatkan penggunaan checklist dan rating recording sebagai cara untuk mencatat data, dengan melakukan observasi selama 1 jam selama 5 hari berturut-turut dengan mengamati dari 11 indikator yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjual 1 dan penjual 3 memiliki tingkat interaksi yang cukup, sementara penjual 2 menunjukkan tingkat interaksi yang lebih rendah atau jarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Raudhatul Jannah Irawan Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.