MESDIGI (Meme Sejarah Digital): Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Social Media Pada Pembelajaran Sejarah Lokal (Cirebon) Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Dukupuntang
MESDIGI (Digital History Meme): Media Based Learning Innovation Social Media in Learning Local History (Cirebon) for Students Class X of SMAN 1 Dukupuntang
DOI:
https://doi.org/10.59672/nirwasita.v4i2.3120Keywords:
MESDIGI, Sejarah, Meme, SiswaAbstract
Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk membahas permasalahan tentang kurangnya minat siswa
dalam mempelajari sejarah dan monotonnya pembelajaran sejarah yang berkutat hanya di teori serta
kurangnya pemahaman dan rasa kecintaan siswa terhadap sejarah lokal. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari sejarah, khususnya sejarah lokal.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar kognitif, menurut Piaget. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode Reseach and Development (R&D). Hasil dari penelitian
ini adalah sebuah inovasi Meme Sejarah Digital (MESDIGI) sebagai media pembelajaran sejarah
lokal berbasis social media (instagram) bagi siswa kelas X di SMAN 1 Dukupuntang. Inovasi
MESDIGI ini menyajikan konten meme yang menarik dan lucu, namun didalam meme tersebut
terdapat materi edukasi tentang sejarah lokal Cirebon. Dengan adanya inovasi MESDIGI ini
diharapkan dapat mampu meningkatkan minat siswa SMAN 1 Dukupuntang untuk dapat mempelajari
sejarah sehingga siswa di SMAN 1 Dukupuntang akan lebih mengenal, memahami dan mencintai
sejarah yang ada di kota Cirebon.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Yeni Maulidah, Mina Chairunisa, Siti Karimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.