Situs Goa Gajah Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Bali

Goa Gajah Site as a Source for Learning Balinese History

Authors

  • I Nyoman Bayu Pramartha Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Putu Yuniarika Parwati Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/nirwasita.v4i1.2776

Keywords:

Situs, Goa Gajah, Sumber, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengenenal Situs Goa Gajah; (2) Situs Goa Gajah Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Bali. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Gianyar tepatnya di situs sejarah Goa Gajah. Teori yang digunakan antara lain pembelajaran sejarah, Teori tentang Situs. Dalam Usahan pencarian dan pengolahan data metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah. Tahapan metode penelitan sejarah antara lain: heuristik, kritik sejarah, Interpretasi, dan historiografi. Penelitian   ini Menyimpulakan : (1) Goa Gajah Merupakan situs cagar budaya dans ejarah yang melambangkan kerukunan umat Beragama antar Hindu dan Budha. Bukti ini dapat dilihat pada peninggalan-peninggala cagar budaya dan sejarahnya yang terbangun secara berdampingan (2) SitusSitus Goa gajah merupakan salah satu situs sejarah penting di Bali. Situs Goa Gajah sangat relevan dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah di Bali.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-29

How to Cite

I Nyoman Bayu Pramartha, & Ni Putu Yuniarika Parwati. (2023). Situs Goa Gajah Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Bali: Goa Gajah Site as a Source for Learning Balinese History. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 4(1), 24-29. https://doi.org/10.59672/nirwasita.v4i1.2776