Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Perjuangan Kapten I Wayan Dipta Dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah

The Values of Character Education in the Struggle of Captain I Wayan Dipta and Its Potential as a Source of History Learning

Authors

  • Ida Ayu Putu Sri Udiyani Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Nyoman Bayu Pramartha Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Nyoman Kartika Yasa Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/nirwasita.v3i2.2207

Keywords:

perjuangan, nilai pendidikan karakter,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Sejarah perjuangan Kapten I Wayan Dipta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia; (2) Nilai-nilai  pendidikan  karakter pada perjuangan Kapten I Wayan Dipta; (3) Perjuangan Kapten I Wayan Dipta  dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Gianyar. Teori yang digunakan antara lain pembelajaran sejarah, pendidikan karakter dan teori konflik. Metode yang digunakan yaitu metode wawancara dan metode pengumpulan data baik berupa dokumen ataupun arsip. Teori maka digunakan metode historis yaitu heuristik, kritik sejarah, Interpretasi, dan historiografi.  Penelitian   ini  akan mengulas (1) sejarah perjuangan dari Kapten I Wayan Dipta dari masa sekolah hingga ikut masuk kedunia perjuangan,  (2) Nilai-nilai pendidikan karakter pada perjuangan Kapten I Wayan Dipta  yaitu dari Religius,  Jujur,  Toleran, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab; (3) Perjuangan Kapten I Wayan Dipta  dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah, Proses pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan potensi-potensi siswa secara menyeluruh dan terpadu. Guru tidak hanya mengajar dan menyampaikan materi pelajaran di ruang kelas tetapi guru juga harus mampu mengaktualisasikan peran dalam upaya membentuk karakter siswa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai moral yang nanti nya dapat memberikan dampak di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-09-27

How to Cite

Ida Ayu Putu Sri Udiyani, I Nyoman Bayu Pramartha, & I Nyoman Kartika Yasa. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Perjuangan Kapten I Wayan Dipta Dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah: The Values of Character Education in the Struggle of Captain I Wayan Dipta and Its Potential as a Source of History Learning. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 3(2), 83-90. https://doi.org/10.59672/nirwasita.v3i2.2207

Issue

Section

Articles