Pengembangan Model Pembelajaran Team Games Tournaments (TGT) Berbasis Fotografi Bukti Peninggalan Sejarah Pada Tingkat SMA

Development of a Learning Model for Team Games Tournaments (TGT) Based on Photography Evidence of Historical Heritage At the High School Level

Authors

  • Reka Seprina Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jambi
  • Yuliana Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jambi
  • Apdelmi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59672/nirwasita.v3i2.2197

Keywords:

Model Pembelajaran, Team Game Tournaments, Fotografi Peninggalan Sejarah

Abstract

Tujuan dari pendidikan sejarah berupa meninggakatan pengetahuan, kognitif, afektif, maupun psikomotorik dan pemahaman nilai yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah, sehingga dapat mengembangkan jati diri bangsa untuk menghadapi tantangan di masa yang akan dating. Namun pada kenyataannya sangat jauh berbeda pembelajaran sejarah, alih-alih memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan tersebut, pembelajaran sejarah tampak suram, tak bermakna, penuh dengan beban hafalan dan membosankan serta kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangakan model pembelajaran model pembelajata team games tournaments (TGT) berbasis fotografi bukti peninggalan sejarah pada pelajaran sejarah di SMA. Metodologi yang digunakan adalah desain pengembangan model ASSURE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengemabngan model model pembelajaran team games tournaments (TGT) berbasis fotografi bukti peninggalan sejarah pada pelajaran sejarah di SMA sangat layak untuk di gunakan dalam pembelajaran sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-09-25

How to Cite

Reka Seprina, Yuliana, & Apdelmi. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Team Games Tournaments (TGT) Berbasis Fotografi Bukti Peninggalan Sejarah Pada Tingkat SMA : Development of a Learning Model for Team Games Tournaments (TGT) Based on Photography Evidence of Historical Heritage At the High School Level. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 3(2), 73-82. https://doi.org/10.59672/nirwasita.v3i2.2197

Issue

Section

Articles