Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020

The Relationship Between Parents' Attention and Learning Discipline With The Social Studies Learning Achievement of Class VII Students of SMP N 5 Denpasar Academic Year 2019/2020

DOI:

https://doi.org/10.59672/nirwasita.v1i2.1083

Keywords:

Hubungan Antara Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar IPS

Abstract

Tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan tugas belajar, yang umumnya meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap yang baru, yang diharapkan tercapai oleh siswa yang ditandai dengan kemampuan berfikir dengan baik. Sehingga di dalam hal ini perhatian orang tua sangatlah dibutuhkan oleh anak dalam proses tumbuhkembang anak tersebut. Dengan perhatian dari orang tua sudah tentu anak tersebut akan selalu belajar untuk disiplin dalam setiap kegiatan belajarnya, baik itu disekolah maupun dirumah. Dengan perhatian dari orang tua dan diimbangi dengan kemauan anak tersebut untuk disiplin dalam belajarnya sudah pasti ini dapat meningkatkan prestasi belajarnya disekolah semakin meningkat.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana Perhatian Orang Tua, bagaimana Disiplin Belajar, bagaimana Prestasi Belajar IPS dan Apakah ada Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitin ini digunakan metode kuesioner meliputi: kuesioner Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar yang disebarkan kepada siswa yang menjadi sampel sebanyak 159 orang Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 5 Denpasar dan metode dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data mengenai prestasi belajar IPS, Selanjutnya dalam analisis ini menggunakan analisis data product moment dan analisis regresi.Berdasarkan pendeskripsian data di atas, dengan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan secara keseluruhan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar IPS yang dibulatkan atas analisis data menggunakan rumus Product Moment dengan jumlah siswa sebanyak 159 orang dengan rxy = 0,570 selanjutnya  untuk Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar menggunakan Product Moment dengan rxy = 0,688. Selanjutnya dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus regresi dua predictor diperoleh niai Ry(1,2) sebesar 0,74384431 dan R2y (1,2) sebesar 0,553304363. Melalui hasil analisis data dengan menggunakan Freg, di peroleh harga Freg sebesar 96,61. Jika harga Freg dikonversikan dengan nilai Ftabel dengan db = m lawan N-m-1 atau 2/156 dengan taraf signifikan 5% diperoleh dengan Ftabel sebesar 3,06. Karena nilai Freg hitung yang diperoleh dari hasil analisis lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka ini menunjukkan ada korelasi atau hubungan yang signifikan antara predictor X1 (Perhatian Orang Tua) dan X2 (Disiplin Belajar) dengan Kriterium (Prestasi Belajar IPS), sehingga predictor Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar dapat digunakan sebagai dasar untuk memprediksi kriterium Prestasi Belajar IPS.Dengan analisis regresi dua predictor dimana JKreg = 1654,254769. Sumbangan Relatif (SR) dalam persen (%) untuk masing-masing predictor yaitu untuk predictor X1 (Perhatian Orang Tua) = 32,87% dan X2 (Disiplin Belajar) = 67,12% dengan kriterium Y (Prestasi Belajar IPS). Dari tabel ringkasan analisis regresi, db = 2/156 diketahui JKtot = 2989,773585 dan JK reg =1654,254769. Efektifitas garis regresinya adalah sebesar 55,33%. Terdiri dari Sumbangan Efektif predictor X1 (Perhatian Orang Tua) = 18,19% dan Sumbangan Efektif predictor X2 (Disiplin Belajar) = 37,14% dengan Kriterium Y (Prestasi Belajar IPS) Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Sedangkan sisanya sebesar 44,66% (100%% - 55,33%) dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti. Mengingat “Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar” memiliki hubungan yang positif dengan Prestasi Belajar IPS Siswa yakni sebesar 55,33% maka kedua komponen ini harus mendapat perhatian dan pertimbangan oleh para guru disekolah maupun orang tua siswa itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-03-31

How to Cite

Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020: The Relationship Between Parents’ Attention and Learning Discipline With The Social Studies Learning Achievement of Class VII Students of SMP N 5 Denpasar Academic Year 2019/2020. (2021). Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 1(2), 52-61. https://doi.org/10.59672/nirwasita.v1i2.1083

Issue

Section

Articles