Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Interaktif pada Gerakan Senam Lantai untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59672/jpkr.v11i1.4410Keywords:
media pembelajaran, video interaktif, senam lantaiAbstract
Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah menghasilkan sebuah produk berupa video untuk pembelajaran gerakan senam lantai peserta didik di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan (research and development) yang berarti penelitian ini merupakan penelitian berorientasi pada produk. Subyek Uji coba adalah siswa SDN II Tegalgiri dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Dengan 10 siswa untuk uji coba terbatas dan 19 siswa untuk ujicoba luas. Model dalam penelitian pengembangan ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif dan menggariskan pada langkah-langkah pengembangan. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini meliputi : Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Uji Coba Produk. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk siswa SD, didapatkan kesimpulan yaitu, dari tahap-tahap desain media yang meliputi dari perumusan tujuan, rancangan media yang akan dikembangkan, persiapan awal dalam perancangan media yang menyangkut : bahan, materi, serta aspek perancangan lainnya telah menghasilkan media pembelajaran gerakan senam lantai untuk siswa SD yang berisi pengertian senam lantai, sarana dan prasaranana dalam senam lantai dan cara melakukan gerakan senam lantai. Produk berupa video pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran SD ditinjau dari aspek media pembelajaran dan aspek materi pembelajaran. Validitas dari media pembelajaran gerakan senam lantai, materi pada media pembelajaran gerakan senam lantai dan pada uji coba lapangan dengan hasil rata rata 82% termasuk dalam kategori sangat valid.
Downloads
References
Abdillah, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 138. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446
Agustin, A. N., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Permainan Senam Lantai Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(6), 369–380. https://doi.org/10.17977/um062v3i62021p369-380
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, VI(VI), 3. http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Dwijayanti, K., & Firdaus, M. (2022). Pengaruh Senam Aerobik High Impact dan Low Impact terhadap Kadar Lemak pada Karang Taruna Putra. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(2), 407–413. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1918
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi untuk hasil pembelajaran senam lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr
Mohammad, M., & Boushehry, H. R. (2023). The influence of using video media on basic movement skills in kindergarten. Education and Information Technologies, 28(8), 9635–9654. https://link.springer.com/article/10.1007/s10639-022-11511-9
Palloff, R. M., & Pratt, K. (2013). Lessons from the virtual classroom : The realities of online teaching. John Wiley & Sons
Punaji, S. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta : Kencana
Putra, N. (2012). Research development : penelitian dan pengembangan suatu pengantar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Rosdiani, D. (2013). Pendidikan Jasmani di dalam MKDU di IKIP Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia
Sari, A., & Setiawan, A. (2018). The development of internet-based economic learning media using moodle approach. International Journal of Active Learning, 3(2), 100–109. https://www.learntechlib.org/p/208671/
Setiawan, A., Putria, A., & Suryani, N. (2020). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Palangka Raya : UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Melompat Melalui Permainan Lompat Cermin untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12169
Suherman, A. (2018). Kurikulum pembelajaran penjas. Sumedang : UPI Sumedang Press
Sukmadinata, N. S. (2015). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Cet. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Taib, B., & Mahmud, N. (2021). Analisis kompetensi guru paud dalam membuat media video pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Yudi Karisma, S. (2018). Upaya Meningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Bermain dalam Pembelajaran Guling Depan Senam Artistik pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jungke Karanganyar Tahun 2017 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Bermain Dalam Pembela. Jurnal Ilmiah SPIRIT, 18(1), 1411–8319.
Zamani, F., & Wiguno, L. T. H. (2022). Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Harimau Dan Meroda Pada Senam Lantai Melalui Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Sport Science and Health, 4(7), 616–622. https://doi.org/10.17977/um062v4i72022p616-622
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Karlina Dwijayanti, Yudi Karisma Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only