Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas pada Masa Pandemi Covid-19 di MI se-Kecamatan Wates
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6785350Keywords:
kebugaran jasmani, covid-19Abstract
Dunia sedang ramai memperbincangkan virus baru yang pertama kali muncul akhir tahun 2019 lalu di Wuhan, China.Virus ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yaitu Corona Virus Disease-19, kemudian disingkat COVID-19.Penyebarannya yang sangat mudah menyebabkan seluruh negara di dunia telah terpapar oleh virus ini.Virus Corona benar-benar telah merubah kehidupan di dunia.Permasalahan dalam penelitian ini Seberapa besar tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas pada masa pandemi covid-19 di MI se-Kecamatan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Kecamatan Wates. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data secara langsung di lapangan dengan melakukan penelitian secara langsung, karena data variabel penelitianya yang cenderung berwujud angka (data numerik) dan analisisnya menggunakan analisis statistik. Populasi tersebut berjumlah anak, terdiri dari siswa laki dan siswa perempuan sejumlah 233 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian ini sebanyak sebanyak 40 siswa yang nanti nya di jadikan sampel penelitian Hasil penelitian deskripsi dan pembahasan bahwa kebugaran jasmani siswa MI Se-Kecamatan Wates berada pada kategori “baik sekali” sebesar 0% (2 siswa), “baik” sebesar 0% (0 siswa), “sedang” sebesar 20% (8 siswa), ”kurang” 30% (12 siswa), ”kurang sekali” sebesar 50% (20% siswa). Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa MI Se-Kecamatan Wates dalam kategori “kurang sekali.
Downloads
References
Annas, M. (2011). Hubungan Kesegaran Jasmani, Hemogoblin, Status Gizi, dan Makan Pagi terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian dengan Pendekatan Praktek. PT. Asdi Mahasatya
Depdiknas. (2010). TKJI Tes Kebugaran Jasmani Indonesia, Untuk Anak Umur 6-9 Tahun, 13-15 Tahun, 16-19 Tahun. Depdiknas
Fernando, R. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola (Studi Eksperimen pada Siswa SMA Labschool Kota Bandung). Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(2)
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Temgah Pandemi Covid-19. IIndonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89
Giiwijoyo, Y. S. S. (1992). Ilmu Faal Olahraga. FPOK IKIP Bandung
Husdarta, J. S., & Eli, M. (2010). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMP/MTS untuk Kelas VIII. Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional
Irianto, D. P. (2004). Bugar dan Sehat dengan Berolahraga. Andi Offset
Mahardika, I. M. S. (2010). Evaluasi Pengajaran. Unesa University Press
Mardiyono. (2013). Status Gizi dan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas IV dan Kelas V SD Negeri 01 Jatiharjo Karanganyar Jawa Tengah 2012. FIK UNY
Mulyaningsih, F. (2010). Pendidikan Olahraga Jasmani Olahraga dan Kesehatan. PT Intan Parwara
Purwanto, F. S., & H. (2012). Kebugaran Jasmani Mahasiswa D li Pgsd Penjas. FIK Uny. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(2)
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta
Santika, I. G. P. N. A. (2015). Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester II Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1(1), 42-47. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/6
Santika, I. G. P. N. A. (2017). Pengukuran Komponen Biomotorik Mahasiswa Putra Semester V Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 85-92. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/221
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Refif Damayanti, Ruruh Andayani Bekti, Wing Prasetya Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only