Program Psychological Skill Training (PST) dapat Meningkatkan Keterampilan Atlet Renang
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6762564Keywords:
psikologi, latihan imagery, keterampilan renangAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian dari pelatih terhadap psikologi atlet yang akan berdampak pada peningkatan prestasi. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan pelatih tenang latihan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan imagery terhadap keterampilan renang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “The One Group Pre-Test- Post Test Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 atlet yang terdiri dari 7 Atlet Putra dan 7 Atlet Putri yang bergabung dalam tim PUSLATKAB (pusat latihan kabupaten) di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan imagery terhadap peningkatan keterampilan atlet renang PUSLATKAB di Kabupaten Blitar”, diterima, dengan nilai t hitung 7,433 > t tabel 2,160, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan persentase peningkatan sebesar 25,09%, sehingga Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa latihan imagery memberi pengaruh terhadap keterampilan renang pada atlet PUSLATKAB Kabupaten Blitar Jawa Timur.
Downloads
References
Harsono. (2008). Coaching dan Aspek Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta : CV.Kesuma
Monty, S. (2000). Dasar-dasar Psikologi Olahraga. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta
Morris, T,. Spittle, M,. And Watt, A. (2005). Imagery In fumtl. Shoal of Human Movement, Recreation, and Performance and Centre for Ageing, Rehabililation, Exercise and Sport. Human Kinetics
Padmawan, I. P. R., Darmada, I. M., Widiantari, N. L. G., Santika, I. G. P. N. A., Ariawati, N. W., & Segu, A. D. (2020). Pelatihan Ickey Shuffle dengan Jarak 6 Meter 4 Repetisi 3 Set terhadap Kelincahan Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi Badung. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 119-124. https://doi.org/10.5281/zenodo.3661606
Santika, I. G. P. N. A. (2017). Pengukuran Komponen Biomotorik Mahasiswa Putra Semester V Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 85-92. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/221
Santika, I. G. P. N. A., & Subekti, M. (2020). Hubungan Tinggi Badan dan Berat Badan terhadap Kelincahan Tubuh Atlit Kabaddi. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 18-24. https://doi.org/10.5281/zenodo.3661565
Santika, I. G. P. N. A., Subekti, M., Sudiarta, I., Sugianta, I., & Suarjana, I. (2022). Tingkat daya ledak otot tungkai siswa putra peserta ekstrakurikuler bolavoli Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(2), 81-87. doi:http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v4i2.52297
Sukadiyanto. (2005). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Universitas Negeri Yogyakarta
Sukardi. (2015). Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara
Sumerta, I. K., Santika, I. G. P. N. A., Dei, A., Prananta, I. G. N. A. C., Artawan, I. K. S., & Sudiarta, I. G. N. (2021). Pengaruh Pelatihan Circuit Training Terhadap Kelincahan Atlet Sepakbola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 230-238. https://doi.org/10.5281/zenodo.4460071
Tirtayasa, P. K. R., Santika, I. G. P. N. A., Subekti, M., Adiatmika, I. P. G., & Festiawan, R. (2020). Barrier Jump Training to Leg Muscle Explosive Power. Jurnal ACTIVE : Jurnal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 9(3), 173-177. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/41145
Vealey, R. S., & Forlenza, S. (2015). Understanding and using imagery in sport. In J. M. Williams & V. Krane (Eds.), Applied sport psychology: Personal growth for peak performance (pp. 240-273). McGraw-Hill
Weinberg, R. S., & Gould, D. (2014). Foundations of sport and exercise psychology (6th ed.). Human Kinetics
Wibawa, R., Sudiarta, N., & Santika, N. A. (2017). Pelatihan Plyometrics Knee Tuck Jump 5 Repetisi 5 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Siswa Kelas X Jurusan Multimedia dan Lukis Tradisi SMK Negeri 1 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 34-41. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/215
Zetou, E., Nikolaos, V., & Evaggelos, B. (2014). The effect of instructional self-talk on performance and learning the backstroke of young swimmers and on the perceived functions of it. Journal of Physical Education and Sport, 14(1), 27–35
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Wing Prasetya Kurniawan, Weda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only