Peranan Filosofi Sepakbola Indonesia dalam Pengajaran Sepakbola di Universitas Nusantara PGRI Kediri

Authors

  • Weda Program Studi Pendidikan Jasmani, FIKS, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wing Prasetya Kurniawan Program Studi Pendidikan Jasmani, FIKS, Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5900407

Keywords:

sepakbola, filanesia

Abstract

Filosofi dalam sepakbola tentunya diperlukan untuk perkembangan sebuah tim dalam meraih sebuah prestasi. Di Indonesia juga memiliki filosofi sepakbola yang digunakan oleh setiap tim di Indonesia. Pembinaan pada jenjang sekolah dengan mengenalkan karakter sepakbola Indonesia, baik untuk pembinaan usia dini maupun profesional. Cara bermain filanesia memiliki filosofi yang mudah yaitu attacking-transsition-defending yang di lakukan untuk mngangkat sepakbola Indonesia ke level permainan yang lebih baik dari sebelumnya. Penulisan ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan filosofi sepakbola Indonesia yang dilakukan pada mahasiswa tingkat 2 UN PGRI Kediri mempunyai hasil kategori baik sekali sebesar 24,4%, hasil kategori baik sebesar 26,67, hasil kategori cukup 20%, hasil kategori kurang 20%, kategori kurang sekali 8,89%. pemahaman tentang filanesia pada mahasiswa UN PGRI Kediri mempunyai pemahaman kategori baik menjadi dominan. Oleh karena itu diperlukan untuk mengembangkan Filosofi sepakbola Indonesia yang lebih lanjut. Agar mampu dipahami oleh setiap lapisan masyarakat dan mengembangkan sepakbola Indonesia terus ke arah yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiatmika, I. P. G., & Santika, I. G. P. N. A. (2016). Bahan Ajar Tes dan Pengukuran Olahraga. Denpasar : Udayana University Press

Bryson, J., Burke, Y., Chang, J. M., Defrantz, A. L., Easton, J., Evans, J., Florence, P., Graziano, B., Johnson, R., Kindel, M., Larkin, T., Miller, C. D., O ’malley, P., Payden, J., Quinn, A., Sanchez, F., Ueberroth, P., Vasquez, G., Wolper, D. L., & Zachazewski, P. T. (2012). Soccer Coaching Manual. LA84Foundation

Danurwindo. (2017). Kurikulum Pembinaan Sepakbola. Jakarta : Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia

Luxbacher, J. A. (1998). Sepak Bola : Langkah-Langkah Menuju Sukses. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Mulyana, R. B., & Syafi’I, I. (2021). Penerapan Filosofi Sepakbola Indonesia di Wilayah Surabaya. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(3), 1-12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/38194

Nurcahyo, P. J., Festiawan, R., Kusnandar, Yoda, I. K., Wijayanto, A., & Santika, I. G. P. N. A. (2021). Study In Banyumas District: Is The Learning Materials Of Football In School Already Oriented To High Order Thinking Skill? Annals of Tropical Medicine & Public Health, 24(3). http://doi.org/10.36295/ASRO.2021.24366

Santika, I. G. P. N. A. (2017). Pengukuran Komponen Biomotorik Mahasiswa Putra Semester V Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 85-92. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/221

Setiawan, D. (2013). Kondisi Fisik Pemain Sepakbola Klub Asyabaab Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(3), 1–5

Sumerta, I. K., Santika, I. G. P. N. A., Dei, A., Prananta, I. G. N. A. C., Artawan, I. K. S., & Sudiarta, I. G. N. (2021). Pengaruh Pelatihan Circuit Training Terhadap Kelincahan Atlet Sepakbola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 230-238. https://doi.org/10.5281/zenodo.4460071

Surapana, P., & Syafi’i, I. (2021). Tingkat Pemahaman Pelatih Sekolah Sepakbola Terhadap Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia Filanesia Di Kabupaten Kediri Pada Tahun 2020. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(3), 136-143. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/38749

Yendrizal, & Pandu. (2019). Pembinaan Sepakbola. Padang : Universitas Negeri Padang Press

Published

2022-01-28

How to Cite

Weda, & Kurniawan, W. P. (2022). Peranan Filosofi Sepakbola Indonesia dalam Pengajaran Sepakbola di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 206-211. https://doi.org/10.5281/zenodo.5900407