Pengaruh Sudut Lemparan Terhadap Jarak Lemparan (Throw In) Sepakbola

Authors

  • Galih Farhanto Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Arya T. Candra Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Danang Ari Santoso Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4897364

Keywords:

throw in, sepakbola, sudut, jarak

Abstract

Throw in merupakan bagian penting dalam sepakbola. Salah satu aspek lemparan yang baik bisa dilihat dari sudut, akurasi dan jarak lemparan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh sudut lemparan terhadap jarak lemparan (throw in) sepakbola. Sampel penelitian berjumlah 10 atlet, dimana setiap atlet melakukan 3 lemparan tiap sudut. Sudut lemparan divariasikan sebesar 150, 300, dan 450. Awalan pada saat melempar dikondisikan tanpa awalan. Hasil lemparan berupa jarak yang diukur menggunakan roll meter. Diukur mulai dari garis awal sampai jatuhnya bola. Data yang diperoleh dari pembantu lapangan serta alat dokumentasi dianalisis geraknya menggunakan software kinovea untuk mengetahui sudut dan gerak parabola pada saat bola release, selanjutnya dirubah menjadi data yang diolah dengan statistik. Hasil lemparan berupa jarak lemparan dihitung nilai rata-ratanya, disajikan dalam tabel dan grafik dan dianalisis sesuai dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan sudut lemparan mempengaruhi jarak lemparan (throw in) pada permainan sepakbola. Dari 3 sudut lempar menghasilkan beberapa jarak maksimal lemparan yaitu, sudut 150= 9.96 meter, sudut 300= 12.85 meter, dan sudut 450= 14.08 meter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiatmika, I. P. G., & Santika, I. G. P. N. A. (2016). Bahan Ajar Tes dan Pengukuran Olahraga. Denpasar : Udayana University Press

Akhmad Faizin, And Imam Hariadi. 2019. “Hubungan Antara Panjang Lengan Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Lemparan Kedalam Pada Siswa.” Indonesia Performance Journal 3.

Asim. 2010. “Pengembangan Bola Untuk Gerak Multilateral Siswa Sekolah Sepak Bola Di Kepanjen Malang.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 17: 2.

Cerrah, Ali Onur, Deniz Şimşek, And Hayri Ertan. 2012. “The Evaluation Of Ground Reaction Forces During Two Different Soccer Throw-In Techniques: A Preliminary Study, 30th Annual Conference Of Biomechanics In Sports – Melbourne - Penelusuran Google.” 30th Annual Conference Of Biomechanics In Sports – Melbourne 2012.

Choirul, Anwar, Ni Wayan Winaya Tianing, And Made Niko. 2015. “Pemberian Core Exercise Meningkatkan Jangkauan Throw-In Pada Siswa Sekolah Sepak Bola Bali Soccer Ball Usia 11-13 Tahun.” Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia: 1.

Clarke, Dave. 2020. “Crossing, Tips And Advice, Http//Www. Soccercoachweekly.Net/Soccercoaching/ Tips-Advice/Crossing-At-Pace-And-Throw-In-Problems-For-U10s/ - Penelusuran Google.” (April 7, 2020).

Eko Pratama. 2018. “Pengaruh Latihan Olah Gerak Isometrik Terhadap Hasil Lemparan Ke Dalam Pada Peserta Ekstrakurikuler Sepak Bola Di Smp Negeri 33 Palembang.” Jurnal Ilmiah Educater Volume 4: 45–54.

Farhanto, Galih, Bayu Septa, Martaviano Triaditya, And Wawan Setiawan. 2018. 5 Prosiding Seminar Nasional Iptek Olahraga Pengaruh Jumlah Langkah Awalan Terhadap Jarak Lemparan (Throw In) Sepakbola.

Feri Hari Susetya. 2015. “Pengaruh Latihan Sit Up Dan Push Up Terhadap Kemampuan Lemparan Ke Dalam Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Sekolah Sepak Bola Putra Gemilang Ponggok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.” Universitas Nusantara Pgri Kediri.

Fery Prasetyawan. 2013. “Pengaruh Latihan Pull-Up Terhadap Peningkatan Jarak Lemparan Ke Dalam Pada Permainan Sepakbola Di Ps Sinar Mas Putra Turen.”Universitas Negeri Malang.

Fredrik Alfrets Makadada. 2012. “Program Latihan Peningkatan Keterampilan Lemparan Ke Dalam Pada Permainan Sepakbola.” Competitor Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga 4: 3.

Hamdika, Dani, Zulfikar, And Yeni Marlina. 2015. “Kontribusi Antara Power Otot Lengan Dan Kelentukan Togok Terhadap Kemampuan Melempar Bola (Throw-In) Pada Klub Sepakbola Persas Sabang Tahun 2011.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Unsyiah 1(1): 187773.

I Gusti Nala. 2011. “Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Udayana University Press - Penelusuran Google.” Denpasar: Udayana University Press.

Jama’urrahban. 2016. “Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dengan Prestasi Lemparan Bola Ke Dalam Pada Permainan Sepak Bola Pada Siswa Putra Kelas Vi Sdn 1 Jenggik Lotim Tahun Pelajaran 2014/2015. | Jama’urrahban | Gelora : Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan.” : 1–3.

Khoirul Anwar. 2013. “Analisis Kondisi Fisik Ditinjau Dari Jarak Lemparan Ke Dalam (Throw In) Dalam Permainan Sepak Bola.” Jurnal Kesehatan Olahraga 1: 15–19.

Kumparanbola.Com. 2020. “Seperti Pratama Arhan, 6 Pemain Ini Punya Lemparan Ke Dalam Yang Jauh - Kumparan.Com.” September.

Linthorne, Nicholas P., And Jamie M. Thomas. 2016. “The Effect Of Ball Spin Rate On Distance Achieved In A Long Soccer Throw-In.” In Procedia Engineering, Elsevier Ltd, 677–82.

Purwadi. 2014. 1 Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika Pemodelan Gerak Parabola Yang Dipengaruhi Seretan Serta Spin Efek Magnus Bola Dengan Program Modellus Dan Excell Purwadi 1) Dan Ishafit 2) 1).

Santika, I. G. P. N. A. (2017). Pengukuran Komponen Biomotorik Mahasiswa Putra Semester V Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 85-92. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/221

Suhendra, Tesa Alex, Jumain, And Dan Marhadi. 2015. “Pengaruh Latihan Sit Up Dan Medicine Ball Terhadap Kemampuan Throw In Dalam Permainan Sepakbola Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Bolano Lambunu.” E-Journal Tadulako Physical Education, Health And Recreation 3: 11.

Sukirno. 2014. “Kemampuan Lemparan Ke Dalam Pada Sepak Bola- Penelusuran Google.” Journal Of Physical Education, Health And Sport: 60–67.

Tulus Dwi Prasetya. 2014. “Analisis Teknik Lemparan Ke Dalam Dengan Awalan Untuk Menghasilkan Lemparan Tepat Sasaran Pada Pemain Sepakbola - Penelusuran Google.” Artikel I-Journal Kesehatan Olahraga.

Published

2021-06-27

How to Cite

Farhanto, G., Candra, A. T., & Santoso, D. A. (2021). Pengaruh Sudut Lemparan Terhadap Jarak Lemparan (Throw In) Sepakbola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 304-311. https://doi.org/10.5281/zenodo.4897364

Issue

Section

Articles