PEMANFAATAN SENSOR JARAK MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK PADA PENERAPAN PARKIR

Authors

  • Fiari Rahman Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Kadek Adi Purnama Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Putu Edi Suyadnya Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Yakobus Renda Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Komang Juliadi Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ayu Aprilyana Kusuma Dewi Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59819/jmti.v14i1.3672

Keywords:

Sensor Ultrasonik, Arduino Uno, LCD, Buzzer, Sistem Bantuan Parkir, Deteksi Jarak, Keamanan Parkir, Parkir Otomatis

Abstract

Peningkatan mobilitas kendaraan memerlukan solusi inovatif untuk memudahkan parkir. Penelitian ini mempresentasikan pengembangan sistem bantuan parkir kendaraan menggunakan sensor ultrasonik, platform Arduino Uno, layar LCD, dan buzzer. Sistem ini dirancang untuk memberikan panduan kepada pengemudi selama proses parkir, membantu menghindari benturan atau kerusakan pada kendaraan. Metode penelitian melibatkan pemasangan sensor ultrasonik pada kendaraan untuk mendeteksi jarak antara kendaraan dan objek di sekitarnya. Data jarak yang diperoleh kemudian diolah oleh mikrokontroler Arduino Uno. Sistem menampilkan informasi jarak pada layar LCD dan memberikan peringatan suara melalui buzzer untuk memberikan umpan balik yang lebih jelas kepada pengemudi. Algoritma cerdas yang terintegrasi memungkinkan sistem mengidentifikasi ruang parkir yang aman dan menyesuaikan peringatan sesuai kebutuhan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan akurasi proses parkir, tetapi juga memberikan pengalaman pengemudi yang lebih intuitif. Dengan kontribusi layar LCD dan peringatan suara menggunakan buzzer, sistem ini memberikan solusi yang lebih komperhensif dalam meningkatkan keamanan parkir. Implikasi dari penggunaan sistem ini melibatkan peningkatan kenyamanan pengemudi, mengurangi risiko tabrakan, dan mempermudah manuver kendaraan. Diharapkan implementasi sistem ini dapat menjadi solusi inovatif dalam mengatasi tantangan parkir kendaraan di perkotaan yang padat, membantu menciptakan lingkungan parkir yang lebih aman dan efisien

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Hasan et al., “Perancangan Sistem Deteksi Dini Pencegah Kebakaran Rumah Berbasis IoT ( Internet of Things ),” J. Electr. Technol., vol. 7, no. 2, pp.25–31, 2018, doi: 10.24176/simet.v8i2.1316.

R. Susana, A. R. D, and S. Aqli, “IMPLEMENTASI WIRELESS SENSOR NETWORK PROTOTYPE SEBAGAI FIRE DETECTOR MENGGUNAKAN ARDUINO UNO PROTOTYPE IMPLEMENTATION OF WIRELESS SENSOR,” pp. 53–60, 2015. R. P. Pratama, “APLIKASI WEBSERVER ESP8266 UNTUK PENGENDALI PERALATAN LISTRIK,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 17, no. 2, pp. 39– 44, 2017, doi: 10.24036/invotek.v17i2.87.

U. M. Buana and U. M. Buana, “Jurnal Teknologi Elektro” Universitas Mercu Buana Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu Pada Stasiun Transmisi Metro TV Jakarta Dengan WEB Berbasis Arduino.

H. I. islam et al., “Sistem kendali suhu dan pemantauan kelembapan udara ruangan berbasis Arduino uno dengan menggunakan sendor Dht22 dan passive infrared (Pir),” October, pp. SNF2016-CIP-119-SNF2016CIP-124, 2016, doi: 10.21009/0305020123.

M. Saleh and M. Haryanti, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Mengunakan Relay,” J. Teknologi Elektro, vol. 8, no. 3, pp. 181–186, 2017.

M. Kali, J. Tarigan, and A. Louk, “Sistem Alarm Kebakaran Menggunakan Sensor Infra Red dan Sensor Suhu Berbasis Arduino Uno,” J. Fis., vol. 1, no. 1, pp. 25-31-16.

Published

2024-04-30