RANCANG BANGUN GAME EDUKASI COVID-19 2 DIMENSI PIXEL ART MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3

Authors

  • Lalu Aziz Habiburrahman Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Gde Iwan Setiawan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Nyoman Bagus Suweta Nugraha Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7934316

Keywords:

Game Edukasi, Construct 3, Metode Prototype

Abstract

Di masa pandemi covid-19 ini semua kegiatan masyarakat rata-rata di lakukan melalui daring mulai dari sekolah hingga bekerja, masyarakat hampir melakukan aktivitas biasanya lewat rumah akibatnya banyak masyarakat yang mengalami kebosanan karena kebanyakan aktivitas mereka di lakukan di rumah. Game pun mejadi alternatif sebagian masyarakat untuk menghilangkan kejenuhan terhadap masa pandemi ini banyak orang yang memainkan game, mulai dari game online hingga game offline sekalipun. di tahun 2020 kemarin bahkan jumlah pemain game online meningkat hingga 75 persen yang membuktikan bahwa game cukup berdampak di saat masa pandemi ini. penulis pun membuat penelitian tentang rancang bangun game edukasi bertemakan covid-19 menggunakan construct 3, yang bertujuan media hiburan dan juga memberikan sarana edukasi tentang Covid-19 terhadap masyarakat dalam pencegahan virus corona. Dalam game pemain akan diminta untuk membasmi setiap virus yang terdapat di setiap area level/stage dan tidak lupa pemain juga dapat menjawab pertanyaan seputar covid-19 yang ada pada setiap level/stage game. Adapun metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Prototype. Pada tahap pengujian menggunakan black box testing. Hasil dari penelitian ini berupa game edukasi “Covid Pixel”sebagai sarana edukasi dalam pencegahan virus corona.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-14