SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BANTUAN PANGAN NON TUNAI UNTUK KELUARGA KURANG MAMPU DI DESA SEPANG DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTHING

Authors

  • LUH AYU SULASMINI Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Kadek Juni Arta Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7177860

Abstract

 

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program bantuan pemerintah yang diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar. Program ini juga diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk menjangkau layanan keuangan formal di perbankan, sehingga mempercepat program keuangan inklusif. Penyaluran bantuan pangan secara non tunai kepada masyarakat dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat administrasi. Aplikasi ini dibuat agar mempermudah proses pemilihan calon penerima  BPNT di Desa Sepang.  Dalam sistem pendukung keputusan seleksi calon penrima Bantuan ini menggunakan Metode Simple Additive Weigthing.

Metode Simple Additive Weigthing adalah Metode penjumlahan terbobot dengan konsep dasar mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternative semua atribut. seleski calon penerima BPNT ini dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja pegawai dalam menyeleksi calon penrima BPNT.

Dengan adanya sistem ini, maka pemerintah desa sangat terbantu untuk mengambil keputusan dalam menyeleksi calon penerima BPNT. Mempermudah menentukan calon penerima BPNT  yang ideal serta menggunakan 14 pedoman kriteria dan menerapkan  9 kriteria yang akan dijadikan acuan  dalam melakukan proses seleksi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-09