SCHEDULE TRAINING MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA DI PT.SENTOSA DENPASAR

SCHEDULE TRAINING MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA DI PT.SENTOSA DENPASAR

Authors

  • I Putu Yoga Bawantara Bawantara Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6513555

Keywords:

Penjadwalan Algoritma Genetika

Abstract

Penjadwalan Kegiatan Training dalam sebuah perusahaan adalah hal yang rumit, selain dilihat dari sisi karyawan juga dilihat dari sisi trainer yaitu kemungkinan kemungkinan terjadi bentrok sebab ada kemungkinan jumlah materi tidak sebanding  dengan dengan jumlah trainer yang ada, sehingga harus difikirkan juga agar trainer tidak mengampu dua materi berbeda pada hari dan jam yang sama. Selain itu harus dipertimbangkan juga ketersediaan kelas sehingga kegiatan training dapat berjalan lancar.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut  adalah dengan menggunakan pendekatan algoritma genetika yang merupakan pendekatan komputasional untuk menyelesaikan masalah yang dimodelkan  dengan proses biologi dari evolusi.

Diharapkan dengan digunakanya algoritma genetika akan diperoleh optimasi penjadwalan  yaitu kondisi dimana terjadi kombinasi terbaik untuk keseluruhan, tidak ada masalah bentrokan jadwal pada sisi karyawan, serta ketersediaan ruang yang cukup dan sesuai secara fasilitas untuk seluruh materi yang ada

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-25