IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE DI KOPERASI SERBA USAHA SERI SEDANA

IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE DI KOPERASI SERBA USAHA SERI SEDANA

Authors

  • juni arta kadek
  • i putu eka indrawan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6508991

Keywords:

Data Warehouse, Pola customer Pada Point Off Sale

Abstract

Data warehouse adalah data-data yang berorentasi subjek, terintegrasi, memiliki dimensi waktu,serta merupakan koleksi tetap (non-volatile), yang digunakan dalam mendukung proses pengambilan keputusan. Solusi berbasis teknologi yang dapat ditawarkan yaitu dengan menerapkan aplikasi data warehouse dimana aplikasi ini sangat berguna bagi seorang manager dalam mengabil keputusan dari berbagai kasus diatas.

Dengan adanya berbagai permasalahan disetiap perusahan yang mana selama ini dalam proses kegiatannya sudah terkomputerisasi mulai dari transaksi penghitungan stok maupun output berupa laporan. Sistem merancang dan mengimplementasikan data warehouse untuk menentukan pola customer ini dibuat berdasarkan data-data yang terdapat di Koperasi Serba Usaha Seri Sedana. Kelebihan sistem data warehouse salah satunya adalah berupa kueri join tabel yang dapat diminimumkan sehingga akses data akan terasa lebih cepat dari sistem yang ada, analisis dapat dilakukan lebih baik untuk menentukan pola customer. Software ini dibuat dengan menggunakan My SQL untuk database dan Visual Basic Net 2008 sebagai compiller-nya.

Dari hasil implementasi Pola Customer Dalam Berbelanja di Koperasi Serba Usaha Seri Sedana , di simpulkan bahwa dengan adanya sistem Data Warehouse ini dapat membantu dan bermanfaat untuk proses pengambilan keputusan.

 

Kata Kunci : Data Warehouse, Pola customer Pada Point Off Sale

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-25